Pengertian dan Contoh Gerak Lokomotor Lengkap!

Posbaru – Secara umum, pengertian gerak lokomotor adalah gerakan yang dapat memindahkan bagian tubuh atau menyebabkan bagian tubuh berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Gerak lokomotor juga di definisikan sebagai suatu keahlian atau keterampilan berpindahnya seseorang dari satu tempat ke tempat lain.

Dengan kata lain, gerak lokomotor adalah gerakan berpindah tempat yang mana salah satu bagian tubuh atau tubuh berpindah tempat dari A ke B.

Selain itu, gerak ini juga dapat kalian temukan dengan mudah di dalam aktivitas sehari-hari terlebih ketika melakukan kegiatan olahraga.

Untuk lebih memahami pembahasan yang tadi kami sampaikan, kalian dapat membaca beberapa contoh gerak lokomotor beserta penjelasannya di bawah ini.

1. Berjalan

Dilakukan dengan melangkahkan kaki secara bergantian untuk memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lainnya.

2. Berlari

Gerakan untuk memindahkan tubuh ini menggunakan cara yang hampir sama dengan berjalan namun dilakukan lebih cepat.

3. Melompat

Untuk melakukannya Badan akan memberi tolakan ke atas lalu mendarat dengan satu kaki, dimana dalam gerak ini diperlukan kekuatan otot serta keseimbangan tubuh yang baik.

Baca Juga: Pengertian Lengkap Senam Ketangkasan!

4. Merayap

Dilakukan dengan cara, posisi badan tengkurap di bawah lantai, tanah dan lainnya dengan kepala sedikit diangkat kemudian tangan digerakan maju ke depan secara bersamaan untuk memindahkan badan dari satu tempat ke tempat lainnya.

5. Memanjat

Gerakan ini dapat memindahkan tubuh ke atas yang bertumpu pada sesuatu benda yang dilakukan dengan cara mencengkramkan kedua tangan sambil perlahan menarik tubuh dengan bantuan pijakan kaki.

Itulah pengertian dan contoh gerak lokomotor, perlu diketahui bahwa gerak ini bisa berupa ritme yang tidak rata dan terdiri dari tindakan tidak sama yang kadang juga menggabungkan gerakan.

Contohnya adalah berlari zigzag, berjalan sambil mendorong sebuah barang, berlari sambil sesekali melompat, merayap sambil memanjat dan lain sebagainya.

Nah, untuk mendapatkan perberkembangan atau meningkatkan keterampilan gerak ini maka kalian memerlukan pengalaman serta latihan yang rutin.