Energi Kalor Pengertian, Sumber & Macam Perpindahannya

Energi Kalor Pengertian, Sumber & Macam Perpindahannya

Posbaru – Kalor (panas) adalah energi yang tercipta dari sumber panas dan bisa berpindah dari satu benda ke benda lainnya melalui perantara serta dapat berubah menjadi energi lain seperti cahaya, gerak, listrik dan lainnya.

Kalor dapat dinyatakan dalam Joule sedangkan satuan lainnya adalah kalori dan 1 Kalori merupakan banyaknya kalor yang dibutuhkan untuk memanaskan 1 liter air, rumusnya yakni 1 Kalori = 4.2 joule dan 1 joule = 0.24 kalori.

Kalor Jenis, adalah banyaknya kalor yang diserap atau dibutuhkan dalam 1 gram zat untuk menaikan suhu 1⁰C atau dapat diartikan juga sebagai kemampuan sebuah benda untuk melepas atau menerima kalor, kalor jenis satuannya adalah J/kg⁰C.

Menurut penelitian jika kalor diberi pada dua benda berbeda maka dapat menghasilkan suhu yang berbeda sebab setiap benda mempunyai perbedaan jenis kalor.

Kapasitas kalor, adalah jumlah kalor yang dibutuhkan untuk menaikan suhu zat sebanyak 1⁰C dengan satuan J/K.

Macam-Macam Perpindahan Kalor

Konduksi, perpindahan kalor (panas) melalui zat padat yang tidak ikut mengalami perpindahan atau bisa dikatakan perpindahan kalor pada zat tersebut tidak dibarengi dengan perpindahan partikelnya. Contoh : Knalpot motor yang panas saat mesin dihidupkan.

Konveksi, perpindahan panas melalui aliran dan zat perantara ikut berpindah, yang mana jika partikel berpindah maka berakibat kalor merambat dan terjadilah konveksi, biasanya terjadi pada zat cair atau gas (angin/udara). Contoh : Gerakan naik-turun air ketika dipanaskan.

Radiasi, perpindahan kalor tanpa perantara dan biasanya disertai cahaya. Contoh : Tubuh merasa hangat ketika dekat dengan api.

Macam-Macam Sumber Energi Kalor

  • Matahari
  • Api
  • Gesekan antara dua benda

Itulah Pengertian kalor, macam-macam perpindahan energi kalor, dan macam-macam sumber energi kalor, semoga artikel ini dapat membantu kalian memahami Energi “Kalor”.

Anda Mungkin Suka