Pengertian Lompat Kangkang, Tujuan, Teknik, Manfaat

Posbaru – Pengertian Lompat Kangkang atau Straddle Vault secara umum adalah, aktivitas senam atau jenis lompatan yang dilakukan menggunakan peti loncat dengan posisi badan condong ke depan serta kedua kaki kangkang (terbuka) ketika melewati peti.

Pengertian Lompat Kangkang Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Lompat Kangkang adalah aktivitas melompat yang dilakukan dengan kedua kaki terbuka lebar (kangkang).

Merriam Webster, Lompat Kangkang atau Straddle Vault merupakan aktivitas senam yang dilakukan dengan melewati benda dengan posisi duduk namun kedua kaki terbentang lebar ke samping.

Tujuan dan Manfaat Lompat Kangkang

Bertujuan untuk melompat mencapai ketinggian yang telah disesuaikan dengan beberapa manfaat yang diberikan diantaranya.

1. Otot Lebih Kencang
melakukan lompat kangkang secara rutin dapat membuat sistem otot perus menjadi kuat dan kencang yang mana hal ini dapat membuat otot perut bekerja mempertahankan postur tubuh tetap tegak baik saat duduk maupun berdiri.

2. Jaga Keseimbangan Tubuh
Hal ini dapat terjadi sebab gerakan kaki ke atas bisa membuat peredaran darah ke organ tubuh menjadi lebih lancar dan terkontrol.

3. Membuat Tubuh Lentur
Dengan melakukan olahraga ini secara rutin maka akan berdampak pada kelenturan tubuh dimana hal ini positif sebab tubuh yang lentur dapat mempermudah kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Memperindah Bentuk Tubuh
Lompat Kangkang dapat membuat bentuk tubuh kita menjadi lebih ideal dan indah jika dilakukan dengan rutin, yang mana mempunyai bentuk tubuh ideal adalah keinginan hampir semua orang.

5. Tubuh Menjadi Bugar
Tubuh yang bugar dapat menambah semangat kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari serta dapat menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit. Nah oleh sebab itu melakukan lompat kangkang secara rutin dapat membuat tubuh kita menjadi lebih bugar.

Alat Lompat Kangkang

1. Peti Loncat

Alat yang satu ini biasanya memiliki 3 tingkatan yang bisa ditambah menjadi 5 tingkatan tergantung dengan kebutuhan, selain itu bahan yang digunakan biasanya berasal dari material kayu mdf atau kayu keras dengan model seperti Kncok down. Untuk ukurannya rata-rata peti loncat mempunyai panjang 120 cm, lebar atas 41,5 cm, lebar bawah 84 cm dan tinggi 104 meter.

2. Rangka Loncat

Rangka Loncat atau Spring Board atau Papan Pegas Senam adalah alat yang digunakan untuk memudahkan melakukan lompat kangkang pada peti tinggi yang biasanya memiliki pijakan spon dengan ketebalan 2,5 cm dan dilengkapi dua per besi dengan tinggi 28 cm. Kemudian untuk panjang landasan atas, rata-rata berukuran 120 cm dengan panjang 71 cm

Cara Melakukan atau Teknik Lompat Kangkang

ilustrasi

Awalan
1. Lari Secepat mungkin dengan badan condong ke depan.
2. Hitung langkah menolak dengan kedua kaki pada papan tolakan dengan kedua tangan mengarah di tepi papan.
3. Pandangan mengarah ke peti loncat.

Baca Juga : Lompat Jauh Pengertian, Sejarah, Teknik, Gaya, dan Peraturan

Tolakan
1. Posisi badan tegak dengan kaki sedikit rapat dan kedua tangan memegang tepi peti loncat.
2. Lakukan tolakan dengan kedua kaki di papan tolak sehingga pinggul ke atas dan kedua tungkai dibuka.
3. Lakukan dengan awalan beberapa langkah.

Melewati Peti Lompat
1. Mengambil awalan beberapa langkah.
2. Kemudian lakukan tolakan dengan kedua tangan bertumpu dan tungkai kangkang melewati peti loncat.

Mendarat
1. Lakukan pendaratan dengan kaki
2. Dengan posisi lutut di tekuk dan kedua tangan lurus ke atas.

Itulah pengertian lompat kangkang beserta dengan tujuan, manfaat, dan cara melakukan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian tentang Lompat Kangkang.