Pengertian Menggambar, Jenis, Unsur, dan Tekniknya

Posbaru – Secara umum, pengertian menggambar adalah suatu kegiatan membentuk citra, imaji atau gambar yang mengekspresikan gagasan, ide, dan simbol dengan berbagai teknik serta alat yang beragam.

Gambar tersebut adalah objek berupa benda mati, hidup atau lingkungan di sekitarnya. Terdapat beberapa prinsip dalam menggambar diantaranya adalah proporsi, komposisi, kesatuan, keseimbangan, irama, keselarasan, dan perspektif.

Pengertian Menggambar Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian Menggambar menurut KBBI adalah kegiatan meniru barang, orang, binatang, dan sebagainya yang dibuat dengan coretan pensil atau alat lain pada sebuah kertas.

Hasil dari kegiatan seni ini tidak hanya soal tiru-meniru suatu objek, namun sebuah gambar juga dapat menyampaikan apa yang dirasakan (perasaan) pembuat gambar.

Pablo Picasso

Tak ada yang lebih baik dari hasil gambar pertama dalam hal menggambar. Hasil gambar pertama sebuah objek akan selalu menjadi yang terbaik daripada hasil kedua, ketiga, dan seterusnya. Karena hasil gambar yang pertama mengungkapkan ekspresi jiwa seniman ketika menggambarnya.

Leonardo da Vinci

Seorang pemula dalam seni menggambar harus belajar perspektif lalu proporsi objek. Langkah selanjutnya, meniru hasil gambar yang dibuat seorang ahli menggambar, untuk mempelajari kebiasaan-kebiasaan dalam menggambar.

Setelah itu, belajar menggambar alam sekitar untuk menguji kemampuan menggambar yang telah dipelajari.

Edgar Degas

Menggambar adalah ekspresi langsung dan spontan dari seorang seniman, menggambar juga merupakan sebuah bentuk tulisan yang mengungkap kepribadian seniman yang membuatnya.

Sindoedarsono Sudjojono

Menggambar adalah sebuah karya seni yang tidak hanya tiru-meniru saja, namun di dalamnya terdapat interpretasi manusia yang menggambarnya.

Affandi

Menggambar dan melukis merupakan perwujudan bayangan angan-angan atau suatu pernyataan perasaan (ekspresi) dan pikiran yang diinginkan.

Perwujudan tersebut bisa berupa tiruan objek maupun fantasi lengkap dengan garis, bidang, tekstur, dan warna dengan sederhana.

Baca Juga: Seni Patung Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Teknik Pembuatan

Unsur-Unsur dalam Menggambar

  • Titik
  • Garis
  • Bidang
  • Bentuk
  • Warna
  • Tekstur
  • Gelap Terang
  • Ruang (Volume)

Jenis-Jenis Menggambar

A. Menggambar Bentuk

Fokus pada suatu bentuk tertentu yang biasanya berdiri sendiri tanpa interaksi apapun di sekitarnya, contohnya menggambar kursi, meja, piring, lemari, dan lainnya.

B. Menggambar Ekspresif

Menggambar sesuatu yang murni dari imajinasi si pembuat gambar tanpa adanya tiru-meniru suatu objek atau model tertentu.

C. Menggambar Konstruktif

Menggambar bentuk-bentuk geometris dengan perspektif akurat yang dapat disusun menjadi suatu bangun tertentu, contohnya menggambar gedung, rumah, hotel, dan lainnya.

D. Menggambar Ilustrasi

Dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan si pembuat gambar melalui sesuatu yang di ilustrasikannya, contohnya “menggambar langkah membuat sesuatu” dan lain semacamnya.

E. Menggambar Suasana

Fokus pada suasana yang dihadirkan gambar dan gambar objek latar belakang hanya dibuat untuk impresi atau bentuk sederhananya saja sehingga fokus utamanya adalah “terbentuknya suasana”.

Teknik Menggambar

1. Siluet

Mempunyai bentuk khas dimana gambarnya penuh dengan blok warna hitam atau putih saja, jadi jika objeknya berwarna hitam maka latarnya harus berwarna putih, begitupun sebaliknya.

Biasanya teknik ini digunakan untuk membuat hadiah kepada keluarga atau teman dengan gambar siluet wajahnya.

2. Teknik Gosok

Menggambar dengan teknik gosok atau dusel akan memberikan efek gelap terang pada objek gambar 2 dimensi, penggambar biasanya akan menggunakan jari atau kapas ketika melakukan teknik ini.

3. Teknik Arsir

Memiliki ciri khas yang sama dengan teknik gosok namun teknik ini biasanya dilakukan menggunakan pensil. Selain itu, teknik arsir terbagi menjadi beberapa kategori yakni.

  • Arsir Silang (Cross Hatching)
  • Arsir Satu Arah (Hatching)
  • Coretan Bebas (Scumbling)
  • Arsir Titik (Stippling)
  • Searah Kontur (Cotour Hatching)

4. Teknik Perspektif

Menggambar suatu objek yang dilihat dari sudut tertentu, misalnya dari depan, samping, kiri, kanan, bawah dan lainnya. Teknik menggambar perspektif terbagi menjadi beberapa jenis yaitu perspektif satu titik dan perspektif dua titik.

5. Teknik Linier

Hampir mirip dengan teknik arsis namun pada teknik ini menggunakan garis pada bentuk keseluruhan objeknya.

Jadi teknik ini adalah cara menggambar objek gambar dengan garis, sebagai unsur yang menentukan baik garis lurus ataupun melengkung (lengkung).

6. Teknik Aquarel

Dalam teknik ini penggambar harus menguasai perasaan ketika menggoreskan kuas dan meramu warna yang baik, sebab teknik ini menggunakan media car air, tinta, atau cat akrilik.

7. Teknik Pontilis

Teknik menggambar menggunakan titik-titik kecil yang biasanya terdapat sketsa kasar terlebih dahulu untuk mempermudah pola gambar dan pemberian gradasi.

8. Teknik Spray

Biasanya digunakan untuk membuat seni grafity, street art, hingga mengecat kendaraan baik motor ataupun mobil dengan menggunakan alat tertentu seperti cat semprot atau kompresor.

9. Teknik Plakat

Biasanya pada teknik ini sapuan yang digunakannya berwarna lebih tebal sehingga gambar cenderung pekat.

10. Teknik Stensil

Sama seperti teknik spray, teknik menggambar yang satu ini menggunakan cat semprot sebagai salah satu alatnya. Namun pada teknik ini biasanya digunakan juga potongan pola kertas atau cetakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *