Pengertian Sepak Takraw, Ukuran Lapangan, Teknik Dasar

Posbaru – Secara umum pengertian Sepak Takraw adalah jenis olahraga campuran dari Bola Voli dan Sepak Bola yang dilakukan di lapangan Bulu Tangkis.

Oleh sebab itu olahraga ini hampir mirip dengan voli, bedanya untuk menyerang pemain menggunakan kaki dan bolanya pun terbuat dari anyaman rotan. Selain itu, walaupun sepak takraw merupakan olahraga tradisional namun telah dipertandingkan secara internasional.

Peraturan Dasar Sepak Takraw

Organisasi Sepak Takraw Dunia atau International Sepak Takraw Federation (ISTAF), memberikan beberapa regulasi terkait permainan ini. Adapun beberapa peraturan dasarnya adalah sebagai berikut:

1. Skor

Skor atau poin dalam olahraga ini bisa di dapatkan ketika pemain memasukan bola ke area lawan dan lawan tidak bisa mengembalikannya atau melakukan kesalahan.

Kemudian tim pertama yang mendapatkan 21 poin akan memenangkan set tersebut, jika seri maka wasit melakukan perpanjangan durasi set hingga salah satu tim unggul 2 poin.

Permainan ini terdiri dari dua set, sehingga tim yang memenangkan dua set tersebut menjadi pemenang pertandingan. Tetapi jika seri maka akan ada satu set tambahan yang dimainkan hingga salah satu Tim mendapatkan 15 poin.

Jika kembali seri dalam set tambahan tersebut, maka wasit bisa memperpanjang pertandingan hingga salah satu tim unggul 2 poin.

2. Jumlah Pemain dan Posisi

Setiap tim terdiri dari tiga pemain yang setiap pemainnya mempunyai peran tertentu. Peran tersebut yakni:

  • Feeder
    Dapat menguasai bola dengan baik, karena mempunyai peran memberi umpan terbaik kepada striker yang akan langsung mengeksekusinya. Selain itu, feeder harus bisa melakukan blok.
  • Striker (Killer)
    Bertugas menyerang lawan ketika diberi umpan oleh feeder, lalu saat bertahan striker harus bisa memblokir lawan dengan smash.
  • Server (Tekong)
    Tugasnya adalah melakukan servis pada awal permainan, sehingga pemain harus bisa menendang bola dengan kecepatan tinggi.

3. Alat dan Lapangan

Meski pada awalnya menggunakan bola berbahan anyaman rotan, namun kini hanya menggunakan bola berbahan serat sintetis dengan ukuran yang harus dipatuhi yakni.

Bola harus mempunyai 12 lubang dan 20 persimpangan anyaman, untuk pria bola berukuran 41-43 cm dengan berat 170-180 gr. Sementara untuk wanita bola berukuran 42-44 cm dengan berat 150-160 gr.

Kemudian pakaian yang digunakan pemain yakni jersey, celana pendek, kaus kaki, dan sepatu olahraga. Kapten Tim harus menggunakan ban di lengan kirinya yang mempunyai warna berbeda dari jersey.

Terakhir, ukuran lapangan sepak takraw adalah 13,4 x 6,1 m yang terbagi dua oleh net dengan tinggi 1,52 m untuk pria dan 1,42 m bagi wanita.

Baca Juga: Tujuan dan Manfaat Permainan Sepak Bola

Teknik Dasar Sepak Takraw

Permainan ini mempunyai teknik dasar yang hampir mirip dengan sepak bola, tetapi ada beberapa hal yang berbeda. Adapun teknik dasarnya adalah sebagai berikut:

  1. Sepak Kuda
    Disebut juga dengan nama “Sepak Kura”, adalah sebuah teknik yang menggunakan punggung kaki (kuda kaki). Yang berfungsi untuk mengontrol dan menimang bola rendah atau kencang. Berikut cara melakukannya:
    • Berdiri dengan satu kaki, kemudian tekuk salah satu kaki yang menjadi tumpuan.
    • Angkat lurus kaki yang akan digunakan menendang ke depan badan setinggi pinggul.
    • Gunakan punggung kaki untuk menendang.
    • Saat menendang, punggung kaki diluruskan diikuti gerakan mendorong ke depan.
  2. Sepak Sila
    Berfungsi untuk menyepak bola dengan kaki bagian dalam untuk menerima atau menimang bola serta mengumpan maupun memblok serangan. Berikut cara melakukannya:
    • Berdiri dengan satu kaki.
    • Angkat kaki yang akan digunakan menendang setinggi paha dan lekukan lutut ke samping.
    • Tendang bola dengan kaki bagian dalam.
    • Ketika menendang, gerakan tungkai kaki dari bawah ke atas.
  3. Sepak Cungkil
    Adalah cara menyepak bola menggunakan jari kaki, untuk mengambil bola jauh, rendah dan liar.
  4. Mendada
    Menggunakan dada untuk memainkan bola yang berfungsi mengontrol bola.
  5. Sepak Simpuh
    Disebut juga dengan nama “Sepak Badek”, yakni teknik untuk menyepak bola menggunakan kaki bagian luar atau samping. Berfungsi untuk mengontrol bola yang dikirim lawan.
  6. Menapak
    Telapak kaki digunakan untuk menyepak bola, dan berfungsi sebagai smash ke pihak lawan maupun memblok serangan. Berikut cara melakukannya:
    • Berdiri dengan satu kaki.
    • Kaki lainnya diluruskan ke depan dengan telapak kaki mengarah ke bola.
    • Tendang bola dengan telapak kaki ke arah lawan.
  7. Main Kepala
    Disebut juga dengan “Heading”, yakni teknik memainkan bola menggunakan kepala yang berfungsi menerima bola pertama pihak lawan, atau memblok serangan.
  8. Membahu
    Merupakan teknik yang menggunakan bahu dalam memblok serangan mendadak lawan, ketika posisi pemain kurang bagus.
  9. Memaha
    Teknik ini menggunakan paha untuk mengontrol bola yang berfungsi menahan atau menerima serangan lawan.

Itulah penjelasan lengkap tentang Sepak Takraw mulai dari pengertian hingga teknik dasarnya. Lalu untuk sejarahnya sendiri masih belum bisa dipastikan dengan benar, karena menurut beberapa sumber Sepak Takraw berasal dari Indonesia. Tetapi ada juga yang mengatakan dari Melayu, Thailand, hingga Myanmar.

Meski begitu, jika dilihat dari berbagai sumber dapat disimpulkan bahwa olahraga ini berasal dari Asia Tenggara.