Perawat, Dokter, Dan Tenaga Medis Lainnya Rindu Untuk Pulang

Jakarta – Posbaru – Kapten Fitdy Eka Ketua Tim Perawatan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet mengungkapkan rasa rindu untuk pulang yang sebagian besar dialami oleh para perawat, dokter dan tenaga medis lainnya selama menjadi garda terdepan dalam penanganan COVID-19, Ia juga meminta masyarakat menaati protokol kesehatan agar wabah segera selesai.


“Rekan-rekan kami juga ingin pulang ketemu keluarga, anak istri, orang tua. Pergerakan kami dibatasi, kami menyesuaikan. Anda agar tetap di rumah, kami bekerja biar kita putus rantai penularan COVID-19,” ujar Kapt Fitdy Eka di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Minggu (26/4).


Menurutnya bagi tenaga kesehatan (nakes) yang mengurusi pasien COVID-19 seperti dokter, perawat, analis dan tenaga kesehatan (nakes) lainnya memiliki prosedur pembatasan interaksi langsung dengan keluarga untuk alasan mengurangi risiko penularan COVID-19.


Fitdy juga menegaskan bahwa para nakes diwajibkan tetap tinggal di dekat area perawatan pasien COVID-19 selama beberapa pekan terakhir sehingga interaksi dengan keluarga dan kerabat dilakukan dengan panggilan video/video call melalui telepon pintar atau gawai.


“Baik dokter, perawat, analis dan nakes lainnya semua memiliki rasa kangen, rindu keluarga, berkumpul, bersenda gurau langsung,” ucapnya.