Perbedaan Laptop dan Notebook, Netbook, Plus lainnya

Posbaru, Perbedaan Laptop dan Notebook – Perangkat komputer terbagi menjadi beberapa jenis dengan nama yang berbeda yakni Laptop, Notebook, dan Netbook. Meski ketiganya mempunyai bentuk yang sama namun ketiga komputer tersebut berbeda.

Untuk memahaminya, Posbaru akan membahas perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook berikut Penjelasannya.

Notebook

Notebook merupakan perangkat pengganti PC yang bisa dikatakan sempurna, sebab hampir seluruh komponen PC terdapat dalam Notebook.

Bahkan Notebook adalah generasi pertama Laptop dan tidak sedikit orang yang menyebutnya sebagai “Laptop Yang Sebenarnya.

Perangkat ini biasanya akan dibekali dengan Touchpad, CD/DVD/Blu-Ray Drive, USB port, HDMI port, VGA port, card reader dan fitur-fitur lainnya yang serupa dengan PC Dan juga biasanya Notebook mempunyai ukuran yang kecil dari mulai 12-18 inci.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop yang Suka Mati Sendiri

Netbook

Netbook mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Notebook yakni 9-12 inci, dan juga sering disebut “Laptop Mini”.

Berbeda dengan Notebook, Netbook tidak dilengkapi dengan CD/DVD/Blu-Ray Drive serta biasanya spesifikasi pada Netbook lebih di bawah Notebook dari mulai Prosesor dan lain sebagainya.

Untuk itu Netbook harganya bisa dibilang sangat murah yaitu berkisar dari 2-4 jutaan di Indonesia, perangkat kecil ini sangat cocok digunakan untuk mengetik, browsing, dan hiburan multimedia seperti menonton atau pun mendengarkan musik.

Ultrabook

Ultrabook adalah keluarga baru Laptop yang pertama kali diperkenalkan oleh Intel, dan hadir dengan ukuran kecil seperti Netbook yaitu 11-15 inci serta tidak dilengkapi dengan CD/DVD/Blu-Ray Drive.

Meski ukurannya hampir sama dengan Netbook namun spesifikasi yang dimilikinya hampir sama dengan Notebook bahkan dapat lebih tinggi.

Yang menjadi ciri khas dari Ultrabook adalah SSD yang merupakan hard disk terbaru dengan peforma jauh lebih baik dibandingkan dengan HDD.

Namun ada beberapa Ultrabook yang masih menggunakan HDD maupun kombinsi SSD dan HDD, biasanya Ultrabook mempunyai bodi yang ramping untuk memudahkan dibawa kemana saja, dan kebanyakan menggunakan layar sentuh.

Chromebook

Chromebook mempunyai ukuran seperti Ultrabook yakni 11-15 inci namun dengan spesifikasi yang minim dan sistem operasi yang berbeda.

Sistem yang digunakan pada Chromebook yakni ChromeOS buatan Google yang dapat berjalan lancar meski dengan spesifikasi yang minim.

Perangkat ini dapat dikatakan sebagai Laptop paling murah yang ada pada saat ini, sebab di pasaran Chromebook di banderol dengan harga 2-3 jutaan dan cocok digunakan untuk mengakses internet dan kegiatan lainnya yang menggunakan aplikasi office.

Tablet PC

Tablet PC merupakan perangkat yang dapat diubah menjadi tablet atau pun laptop dalam sekejap dengan cara diputar, digeser, dibalik, dan lainnya.

Perangkat ini juga sering disebut denganLaptop hybrid” atau “Tablet hybrid”. Sistem operasi yang digunakan pada perangkat ini biasanya sama dengan OS Android, IOS, atau Windows RT.

Spesifikasinya pun lebih sama dengan tablet dan cocok digunakan untuk mengetik, namun meski begitu harga yang di banderol terbilang cukup mahal.

Laptop

Laptop merupakan komputer jinjing yang berukuran kecil dengan berat 1-6 kg dengan sumber daya yang berasal dari Baterai.

Pada umunya baterai pada laptop dapat bertahan 2-6 jam tergantung dari spesifikasi dan cara pemakaian, Laptop juga sering disebut dengan “Komputer Notebook” atau “Notebook”.

Itulah perbedaan dari Laptop dan Notebook, Netbook, Ultrabook, dan Chromebook, semoga artikel ini dapat membuat kalian lebih memahami perbedaan dan fungsi dari masing-masing perangkat.