Perubahan Iklim Faktor Penyebab, Solusi, dan Pengertian

Posbaru – Perbuahan Iklim merupakan perubahan curah hujan, pola angin, suhu dan berbagai macam efek lainnya secara signifikan. Menurut PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) perubahan iklim adalah gejala yang disebabkan secara langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia.

Yang mana hal tersebut mengubah komposisi dari atmosfer dunia dan  variabilitas iklim alami di periode waktu yang bisa diperbandingkan.

Pengertian lainnya dari Perubahan Iklim (Pemanasan Global) yakni peningkatan gas rumah kaca di lapisan atmosfer bumi dan berlangsung dalam jangka waktu tertentu yang terjadi karena berbagai faktor berbeda serta menimbulkan dampak bagi kehidupan di bumi.

Iklim berubah sebab interaksi antar komponen-komponennya dan faktor eksternal contohnya variasi sinar matahari, erupsi vulkanik, dan kegiatan manusia seperti berubahnya penggunaan lahan serta penggunaan bahan bakar fosil.

Adapun faktor penyebab Perubahan Iklim (Pemanasan Global) diantaranya adalah :

  1. Efek Gas Rumah Kaca
  2. Fungsi Hutan yang Rusak
  3. Lapisan Ozon yang Rusak
  4. Gas Buang Industri
  5. Tidak Terkontrolnya Penggunaan CFC (Cloro Flour Carbon)

Selain itu, terdapat dampak yang bisa dirasakan akibat perubahan iklim diantaranya yakni :

  1. Bisa mengakibatkan Es di daerah kutub terus mencair dan hal tersebut dapat berakibat pada naiknya permukaan air laut. Jika permukaan air laut terus meningkat maka akan banyak wilayah yang mengalami banjir bahkan hingga terendam oleh air laut.
  2. Suhu yang meningkat akibat berisiko mengakibatkan kebakaran hutan, ketika hutan terbakar maka tidak ada lagi tempat bagi hewan liar untuk tinggal dan bisa saja mereka bermigrasi mencari makanan ke pemukiman warga.
  3. Dapat mengakibatkan suhu air meningkat, dimana hal tersebut bisa mengganggu ekosistem bawah laut yang ada sebab hewan, tumbuhan, dan terumbu karang yang ada di dalam laut akan mati akibat suhu air yang meningkat.

Meski bisa membuat makhluk hidup di bumi terancam, namun kita masih bisa mengatasinya dengan cara berikut ini :

  1. Membatasi Penggunaan Bahan Bakar Fosil
  2. Menggunakan Sumber Energi Ramah Lingkungan
  3. Melakukan Penanaman di Hutan Berskala Besar
  4. Tidak Membuang Limbah Sembarangan
  5. Menanam Pohon/Tumbuhan lainnya di Rumah

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Tentang Ekosistem

Itulah pengertian, dampak, dan faktor penyebab perubahan iklim di dunia. Jika kalian sudah memahami tentang hal ini, maka ada baiknya untuk terus menjaga Bumi kita agar perubahan iklim dapat diatasi.