Posyandu Keliling Jadi Solusi Kala Pandemi

Kota Depok, Posbaru – Posyandu adalah garda terdepan pelayanan kesehatan dasar masyarakat harus tetap dilakukan meski ditengah pandemi dengan memperhatikan protokol kesehetan yang ada, hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP-PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya.

Menurutnya khusus untuk daerah berstatus Zona Merah COVID-19, kegiatan posyandu dilakukan melalui Posyandu Keliling oleh petugas kesehatan serta kader PKK. Ia mengatakan bahwa pihaknya tidak ingin kasus stunting, kematian ibu melahirkan, dan lain sebagainya menjadi tidak terpantau.

“Saya harap untuk wilayah seperti Kota Depok (yang pekan ini berstatus Zona Merah) lalukanlah Posyandu Keliling oleh petugas kesehatan termasuk kader PKK,” ujar Atalia usai beraudiensi dengan kader PKK Kota Depok di Gedung PKK Kota Depok, Jumat (2/10/20).

Adapun Posyandu Keliling ini sudah dilakukan oleh petugas kesehatan dan kader PKK dengan cara mendatangi langsung ke rumah warga, Atalia juga menyerahkan teknis pelaksanaannya kepada petugas setempat dengan teteap menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, menjelang Pilkada 2020 di Kota Depok, Atalia juga mengadakan pertemuan virtual dengan seluruh kader PKK di 11 Kecamatan kota tersebut, dalam pertemuan tersebut Ia mengatakan “Untuk konsolidasi program bagaimana meningkatkan peran PKK khususnya saat kasus tinggi di Depok yang berbarengan dengan agenda Pilkada, ini menjadi tantangan besar yang menurut saya disini lebih besar dibanding daerah lainnya di Jabar,” ujarnya.

Anda Mungkin Suka