Prakerja Gelombang 12 Resmi Dibuka

Prakerja Gelombang 12 Resmi Dibuka

Jakarta, Posbaru – Pada tanggal 23 Februari, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto secara resmi membuka Gelombang 12 Kartu Prakerja.

Menko mengatakan bahwa program tersebut berhasil menjalankan mandatnya sebagai program pengembangan kompetensi kerja sekaligus program perlindungan sosial di masa pandemi COVID-19.

Oleh sebab itulah, Pemerintah memutuskan melanjutkan program Kartu Prakerja di tahun 2021, Program ini memiliki total anggaran Rp10 triliun untuk Semester I tahun 2021.

“Program Kartu Prakerja merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sektor perlindungan sosial. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini, mengambil berbagai pelatihan keterampilan kerja dan kewirausahaan yang dapat menjadi bekal hidup selama dan pasca pandemi,” ujar Menko.

Pemerintah memberikan kuota sebanyak 2,7 juta orang pada Semester I, dan demi pemerataan setiap Kartu Keluarga (KK) dibatasi maksimal 2 anggota keluarga, sementara kuota peserta pada gelombang 12 sebanyak 600 ribu orang.

Selain itu, Menko juga mengapresiasi Program Kartu Prakerja sebagai pelopor reformasi layanan publik berbasis teknologi digital end-to-end.

“Penggunaan teknologi digital memungkinkan program ini di akses oleh masyarakat di 514 kabupaten dan kota dalam waktu cepat. Selain itu, seluruh proses transfer dana dan transaksi pembelian pelatihan menjadi lebih transparan dan akuntabel,” katanya.

Keberhasilan progtam tersebut juga telah di validasi lewat Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Agustus 2020. Yang mana 88,9 % penerima menyatakan bahwa dana insentif pasca pelatihan digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Kemudian dalam hal pengembangan kompetensi, Survei Evaluasi yang dilakukan Manajemen Pelaksana mencatat 94% penerima mengalami pengembangan kompetensi melalui skilling, upskilling, dan reskilling.

Serta lebih dari sepertiga penerima yang awalnya tidak bekerja berubah menjadi bekerja baik sebagai karyawan maupun wirausaha.

Pendaftaran Program Kartu Prakerja hanya bisa dilakukan melalui laman resmi www.prakerja.go.id, dan informasi terkait Program Kartu Prakerja bisa di akses di akun media sosial resmi Instagram @prakerja.go.id.

Anda Mungkin Suka