PSBB di Wilayah Bodebek Diperpanjang 14 Hari

Kota Bandung, Posbaru – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Poposional di Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi yang berakhir pada hari Kamis 2 Juli 2020 akan diperpanjang hingga Kamis 16 Juli 2020.

Hal tesebut disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil), menurutnya keputusan perpanjangan PSBB diambil berdasarkan data epidomologi yang menyatakan bahwa wilayah Bodebek masih berstatus Zona Kuning (Level 3).

Ia mengatakan pihaknya belum bisa melakukan relaksasi, sebab epidomologi dengan wilayah DKI Jakarta masih dinamis, fluktuatif, dan tidak terprediksi.

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar juga menggelar rapat evaluasi dengan pemerintah daerah wilayah Bodebek terkait dengan kondisi terkini penanggulangan pandemi.

Dalam rapat yang diselenggarakan melalui video teleconference itu, Gugus Tugas Jabar menjelasakanhasil evaluasi bahwa angka reproduksi efektif (Rt) COVID -19 di Bodebek dibawah angka 1, kecuali Kota Depok yang berada di angka 1,1.

Meskipun begitu, Kang Emil mengatakan bahwa angka Rt bukan patokan satu-satunya untuk menentukan level kewaspadaan. Karena Gugus Tugas Jabar dalam melakukan leveling suatu daerah didasarkan pada 9 indikator yakni Laju Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Pasien Positif, Pasien Sembuh, Pasien Meninggal, Reproduksi Efektif (Rt), transmisi, pergerakan, dan risiko geografis.

Lalu untuk menurunkan angka Rt di Bodebek Gugus Tugas Jabar akan memfokuskan melakukan pengetesan selama 14 hari selama masa perpanjangan PSBB Proposional.