PSBB Wilayah Bodebek Diperpanjang

Kota Bandung, Posbaru – Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 443/Kep.419-Hukham/2020 telah ditandatangani oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) pada Kamis 30 Juli 2020. Hal ini berarti Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proposional di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek), diperpanjang hingga 16 Agustus 2020.

Menurut Sekretaris Gugus Tugas Jabar, Daud Achmad, dalam kepgub tersebut, para kepala daerah wilayah bodebek bisa terapkan PSBB proposional dengan level kewaspadaan masing-masing daerah.

Daud mengatakan, PSBB proposional tersebut dilakukan dengan bentuk Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) yang akan disesuaikan dengan tingkat kewaspadaan di Kecamatan, Desa, serta Kelurahan.

Ia juga memberikan himbauan bagi warga bodebek agar patuh terhadap ketentuan dan peraturan PSBB proposional, serta konsisten dalam menerapkan pedoman kesehatan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kemudian, PSBB proposional di bodebek telah diselaraskan dengan kebijakan pemerintah DKI Jakarta yang juga memperpanjang PSBB hingga 13 Agustus 2020. Adapun keputusan tersebut diambil berdasar hasil kajian epidomiologi.