Reshuffle Kabinet Kewenangan Mutlak Presiden

Jakarta, Posbaru – Menanggapi Video Kemarahan Presiden Joko Widodo Kepada para menteri kabinetnya, Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulany mengatakan bahwa video tersebut dibuat tanggal 18 Juni 2020 dan dirilis tanggal 28 Juni 2020.

Hal tersebut disampaikan olehnya saat diskusi Dialetika Demokrasi bertema “Kemarahan Presiden Berujung Reshuffle Kabinet ?” pada Kamis 2 Juli 2020.

Menurutnya hal yang dilakukan Oleh Presiden, ada semacam pesan yang ingin disampaikan kepada publik bahwa Presiden Sedang marah yang menurut Saleh adalah adanya target-target Presiden yang tidak tercapai.

Jika publik menilai video tersebut benar-benar marah atau hanya gimmick politik menurut Saleh hal itu boleh saja karena itu adalah hak presiden. Dan baginya dalam video tersebut Presiden benar-benar marah karena memang penanganan COVID-19 di Indonesia belum maksimal.

Selain itu ia juga mengatakan, dari kekhawatiran Presiden dan fakta lapangan maka layak dilakukan reshuffle kabinet sepeti apa yang diancam dalam video tersebut, dan itu adalah Hak Prerogatif Presiden.

Namun dalam konteks ini, Presiden juga harus melihat aspirasi yang terjadi di masyarakat dan apa yang diinginkan masyarakat.

Anda Mungkin Suka