Revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang

Jakarta, Posbaru – Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) yang merupakan kawasan cagar budaya di Kab.Solok Selatan, Provinsi Sumatra Barat, sedang dilakukan revitalisasi oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal tersebut dilakukan untuk menindak lanjuti pencanangan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Kota Padang pada 2018 lalu.

Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR mengatakan, penataan tersebut intinya adalah pemugaran rumah gadang dengan melibatkan tukang tuo yang berkeahlian membangun dan membuat ornamen bangunan.

Masterplan Kawasan SRGakan dilakukan pemugaran 33 rumah gadang, penataan lansekap kawasan, serta pembangunan Menara Soket dan pembangunan fasilitas untuk wisatawan.

Kawasan yang memiliki luas 26,3hekatre tersebut memiliki asset budaya yang terdiri dariratusan benda cagar budaya seperti, Rumah Gadang, Masjid, Surau, dan makam yang sebagian diantaranya sudah berumur ratusan tahun.

Hingga saat ini telah ada 28 Rumah Gadang yang tengah dikerjakan dan ditargetkan pada akhir tahun 2020 akan proses revitalisasi akan selesai.

Adapun dalam pengerjaannya, dilaksanakan dengan pedoman kesehatan pencegahan COVID-19, yaitu menggunakan masker, Jaga Jarak, dan tidak berkerumun.

Revitalisasi kawasan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas destinasi, prasarana dan sarana wisata agar lebih nyaman dan juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang akan berdampak baik bagi perekonomian lokal.

Bagikan ?

Anda Mungkin Suka