Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Berkebun

Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Berkebun

Kota Bandung, Posbaru – Bercocok tanam di linkungan rumah dan perkotaan (Urban Farming) di tengah pandemic COVID-19 memiliki 3 manfaat yakni, ekologi, ekonomi, dan edukasi. Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) pada Kamis (18/06/20).

Ia juga mengajak masyarakat Jabar untuk mengkonversikan sekecil apapun lahan di rumah menjadi perkebunan, menurutnya kangkung dan bayam menjadi favorit petani di kota karena mudah untuk ditanam dan dapat dipanen dalam waktu singkat.

Namun Ia juga mengatakan bahwa banyak lahan di perkotaan yang bisa digunakan untuk berkebun tapi masalahnya sulit untuk mengajak masyarakat. Meski begitu ia menegaskan, pemerintah melakukan berbagai cara agar konsep ini berjalan.

Kang Emil juga menyampaikan, ketika dirinya menjadi Wali Kota Bandung, Penelitian di ITB menyimpulkan bahwa meningkatnya suhu Kota Bandung diakibatkan oleh kurangnya pohon.

Untuk itu solusinya, bangunan yang memang tidak bisa dibongkar karena peradaban manusia agar dihijaukan secara natural, atau jika bisa seluruh gedung atapnya dijadikan Urban Farming.

“Solusinya sederhana, supaya suhunya turun atap-atap bangunan yang memang sudah tidak bisa dibongkar karena peradaban manusia makin kompleks dan populasi makin banyak itu dihijaukan secara natural, atau kalau bisa seluruh gedung itu konsisten atapnya dijadikan urban farming,” ucapnya. 

Anda Mungkin Suka