Ridwan Kamil : Pandemi COVID-19 Adalah Perang Bersama

Ridwan Kamil : Pandemi COVID-19 Adalah Perang Bersama

Kota Bandung – Posbaru – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) mengatakan, pandemi COVID-19 adalah perang bersama. Sehingga, tugas berperang membela negara tak hanya tugas TNI/Polri dan tenaga medis di lini depan, tapi juga seluruh masyarakat atau siapa pun dengan caranya masing-masing. 

“Apa itu bela negaranya? Bisa melalui bentuk bantuan seperti ini melalui hartanya, tenaganya (dengan) menjadi relawan-relawan, melalui ilmunya seperti membuat (kit) PCR (Polymerase Chain Reaction), ventilator, dan lainnya,” ujar Kang Emil saat menerima bantuan penanganan COVID-19 dari berbagai pihak di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (29/4/20). 

Menurutnya berdiam diri dirumah termasuk bela negara, Karena COVID-19 ini adalah penyakit kerumunan. Makin banyak berkerumun, (virus) COVID-19 makin banyak berseliweran. 

Kang Emil Juga mencontohkan, di Jabar hampir tidak ada anak sekolah yang terkena COVID-19 karena mereka dinilai sebagai kelompok yang paling disiplin. “(Anak sekolah) tinggal di rumah, tidak sekolah,” ucapnya. 

Anda Mungkin Suka