Ridwan Kamil: Penanganan COVID-19 Tanggung Jawab Semua Pihak

Kota Bandung, Posbaru – Penanganan COVID-19 adalah tanggung jawab semua pihak, hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) dalam jumpa pers di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (17/11/20). 

Menurutnya kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan sangat penting untuk mengendalikan penyebaran COVID-19, untuk itu kolaborasi dari semua pihak adalah benteng utama dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Dirinya juga menghimbau semua lapisan masyarakat dari mulai pemimpin komunitas hingga organisasi masyarakat (ormas) untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menggelar kegiatan.

“Silakan berkegiatan, silakan produktif. Bikin acara, tapi dengan menggunakan Adaptasi Kebiasaan Baru. Jangan produktif, tapi masih pakai pola kebiasaan lama. Intinya kita semua boleh produktif, asalkan dengan kebiasaan baru,” ujarnya. 

“Jadi, silakan dilaksanakan acara keagamaan, acara rapat, acara seminar, tapi dibatasi yang hadirnya. Sisanya, bisa mengikuti secara daring dari rumah. Pesannya sampai, protokol kesehatannya juga terjaga,” tambahnya.

Kang Emil juga melaporkan penanganan COVID-19 dari sisi epidemiologi yang menurutnya tingkat kesembuhan pasien COVID-19 Jabar terus meningkat dari 73% jadi 76,9%, dan berdasarkan data Pikobar pada Selasa (17/11/20) pengetesan metode uji usap PCR telah mencapai 600 ribu lebih spesimen.

 “Alhamdulillah makin banyak orang yang sembuh, angka kematian pun turun dari 1,9 persen menjadi 1,8 persen,” katanya.

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment