Ridwan Kamil Sampaikan Jawaban Pandangan Umum APBD TA 2021

Kota Bandung, Posbaru – Dalam Rapat Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada Selasa (17/11/20), Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Kang Emil) sampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi terkait APBD Tahun Anggaran 2021.

Ia memaparkan bahwa kebijakan belanja daerah yang akan diarahkan untuk penanganan COVID-19 dengan fokus edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan 3M agar menjadi kebiasaan baru.

Sedangkan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar mempunyai tugas utama dalam penanganan kesehatan dengan harapan memutus atau menurunkan rantai penyebaran COVID-19.

“Salah satu yang efektif saat ini yang bisa kita lakukan adalah mendorong perubahan perilaku warga untuk melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru di berbagai tatanan kehidupan,” ucapnya.

Kemudian untuk mendorong perekonomian Jabar di tahun 2021, Pihaknya telah menyiapkan beberapaprogram yang dilaksanakan oleh perangkat daerah yang melibatkan masyarakat dengan bentuk program padat karya.

Yakni melalui infrastruktur, pengembangan UMKM, bantuan pemasaran, dan program lainnya yang tercantum dalam rencana kegiatan perangkat daerah Provinsi Jabar.

Kang Emil mengatakan, pihaknya berupaya melakukan optimalisasi penagihan wajib pajak bagi yang tidak memenuhi kewajiban membayar pajak tepat waktu dan tepat jumlah untuk mencapai prediksi pendapatan daerah.

 “Akan dilakukan pengawalan peningkatan pendapatan daerah, melalui pengawasan dan pengendalian terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah dengan pemanfaatan teknologi informasi,” katanya.

Dalam APBD TA 2021 prioritas pembangunan yang akan dilakukan Pemda Provinsi Jabar yakni percepatan penanganan dampak COVID-19  di bidang kesehatan, sosial-ekonomi, dan sembilan prioritas pembangunan.

Pemda Provinsi Jabar juga tengah mengembangkan pembangunan kawasan Rebana Metropolitan bersama tujuh Kabupaten/Kota.

“Harapannya bisa meningkatkan perekonomian di wilayah utara Jabar karena mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat,” ujar Kang Emil.

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment