Ridwan Kamil Terima Aspirasi Para Buruh

Kota Bandung, Posbaru – Buruh se-Jawa Barat (Jabar) menggelar aksi unjuk rasa terkait disahkannya Omnibus Law UU Cipta Kerja, unjuk rasa yang digelar pada hari Kamis 8 Oktober 2020 tersebut dilakukan di depan Gedung Sate Kota Bandung, Jabar.

Terkait dengan aksi tersebut, Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Kang Emil), menemui langsung para buruh yang berunjuk rasa, dan pada sebelumnya Ia juga telah menemui 10 orang perwakilan buruh.

Saat menemui para buruh, Kang Emil mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima aspirasi para buruh Jabar dan aspirasi tersebut akan disampaikan secara resmi melalui Surat Gubernur Jabar kepada Presiden Republik Indonesia dan Ketua DPR Republik Indonesia.

“Saya sudah menandatangani surat yang isinya adalah surat penyampaian aspirasi dari buruh se-Jawa Barat. Surat pertama kepada dari buruh DPR dan kedua kepada Presiden,” ujarnya.

Dalam hal ini buruh menyampaikan dua aspirasi utama yakni menolak dengan tegas UU Cipta Kerja dan meminta Presiden untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) untuk mengganti UU Cipta Kerja yang sudah disahkan.

Ridwan Kamil mengatakan, dirinya sudah menandatangani Surat Gubernur dan pada hari Jumat 9 Oktober 2020, surat tersebut akan dikirimkan kepada pihak yang berkepentingan. Selain itu menurutnya aksi unjuk rasa yang dilakukan para buruh se-Jabar adalah aksi murni tanpa ditunggangi pihak lain atau kepentingan lain.

Ia menyebutkan bahwa para buruh tidak bertanggung jawab terhadap aksi anarkisme yang terjadi di hari sebelumnya, sebab menurut mereka hal tersebut dilakukan bukan dari perwakilan para buruh.

Dengan tanggapan Kang Emil yang akan menyampaikan aspirasi melalui Surat Gubernur, Ia menghimbau agar para buruh tidak melakukan unjuk rasa, sebab aspirasinya sudah diterima dan akan disampaikan.

“Mudah-mudahan dengan aspirasi yang akan disampaikan ini para buruh tidak perlu lagi melakukan demontrasi baik di ibu kota Jawa Barat maupun kota/kabupaten se-Jawa Barat karena niat dan maksud agar kami (Pemerintah Daerah Provinsi Jabar) menyampaikan aspirasi (buruh) sudah dilaksanakan,” katanya.

Anda Mungkin Suka