Satgas COVID-19 Terbitkan SE Tentang Perjalanan Orang Dalam Negeri

Jakarta, Posbaru – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 terbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). SE tersebut telah ditandatangani oleh Ketua Satgas Doni Monardo, dan mulai berlaku tanggal 9 Februari 2021.

Surat Edaran ini dibuat atas tingkat penularan di Indonesia yang masih tinggi dengan positive rate, kasus aktif dan penambahan kasus positif tingkat nasional.

Doni juga mengatakan, ketentuan perjalanan orang tersebut disusun dengan maksud memperpanjang masa berlaku penerapan protokol kesehatan pada pelaku perjalanan orang dalam negeri di masa pandemi ini.

Tujuan ketentuan tersebut menurutnya, untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan dalam kebiasaan baru agar tercipta kehidupan yang produktif dan aman COVID-19.

“Ruang lingkup Surat Edaran ini adalah protokol kesehatan terhadap Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang menggunakan seluruh moda transportasi untuk seluruh wilayah Indonesia,” ujar Doni.

Dalam SE tersebut, disebutkan bahwa ada sejumlah dasar hukum yang digunakan yaitu Keputusan Rapat Terbatas tanggal 28 Desember 2020, 6 Januari 2021, 21 Januari 2021, dan 2 Februari 2021.