Sebanyak 572 Kepala Sekolah di Jabar Dilantik Virtual

Kota Bandung, Posbaru – Sebanyak 572 Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB pada hari Jumat (10/07/20) resmi dilantik oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) secara virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil juga meminta kepada kepala sekolah yang dilantik untuk berinovasi dan tidak berpolitik, karena kepala sekolah merupakan abdi Negara yang harus loyal dan fokus pada sistem pemerintahan.

Ia juga mengatakan bahwa indeks pendidikan di Jawa Barat maupun Indonesia masih rendah di mata dunia, untuk itu kepala sekolah yang dilantik diharapkan bisa membuat inovasi serta tidak berpolitik.

Jika da kepala sekolah yang melakukan praktik politik di lingkungan sekolah maka pihaknya akan mengambil langkah yang tegas.

Menurutnya, Ia tidak mau mendengar ada kegiatan yang mengganggu Pancasila di sekolah, kampanye, dan tidak menghargai NKRI di lingkungan sekilah, jika hal itu terjadi maka kepala sekolah tersebut akan diberhentikan pihaknya.

“Saya titip itu betul-betul. Jangan sampai ada ekstrakurikuler, kegiatan nonkelas yang mengganggu semangat kebangsaan kita di sekolah-sekolah di Jawa Barat,” katanya.

Kang Emil menyebutkan bahwa kepala sekolah adalah tugas tambahan, karena kepala sekolah sejatinya adalah guru, untuk itu jika diminta menjadi guru, itu adalah norma yang seharunya.

Adapun kepala sekolah yang dilantik sudah melewati proses yang ketat termasuk evaluasi dengan sesame guru, pengawas, dan masukan peserta didik.

Selain itu Kang Emil juga telah melantik pejabat funsional di lingkungan pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat.