SMKN 9 Bandung Luncurkan Modul Kolaborasi Kurikulum Darurat di Era AKB

Kota Bandung, Posbaru – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Bandung luncurkan “Modul Kolaborasi Kurikulum Darurat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”, proyek ini juga menjadi rintisan proyek nasional kurikulum darurat dalam penyesuaian pembelajaran di masa COVID-19.

Menurut Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus, ada tiga opsi yang diberikan yakni kurikulum darurat, kurikulum yang mengacu pada kurikulum nasional, dan penyederhanaan kurikulum mandiri.

Dedi Supandi, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Jabar) mengatakan, Modul Kolaborasi Kurikulum Darurat di Era AKB akan diterapkandi seluruh SMK se-Indonesia.

Menurutnya di Jabar kurikulum tersebut akan ditambah dengan muatan lokal sehingga menjadi modulgabungan antara kurikulum darurat dan mandiri. Sebab hal tersebut sangat penting sebagai bagian dari pendidikan karakter siswa agar bisa bertahan dan bersaing di masa depan.

Atalia Praratya, Bunda Literasi Jabar menyambut baik hal tersebut, menurutnya modul itu akan mempermudah siswa dan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran di masa COVID-19. Selain itu, Hal ini tentunya sangat berguna bagi SMK yang lebih banyak melakukan praktik.

“Selama ini semuanya masih dalam batas daring (dalam jaringan/online) saja, tapi di SMKN 9 Bandung ini dua-duanya bisa dikolaborasikan,” ujar Atalia.

Menurut Kepala SMKN 9 Bandung, Anne Sukmawati, Modul Kolaborasi Kurikulum di Era AKB menggabungkan beberapa mata pelajaran.

Beberapa Modul Kolaborasi yang dihasilkan SMK 9 Bandung diantaranya adalah Modul Kolaborasi Mata Pelajaran Kelas X Perhotelan, Modul Kolaborasi Kelas XI Perhotelan, Modul Pembelajaran PPKN X, Modul Pembelajaran Wisata XI, Modul Pembelajaran Perhotelan X, hingga Modul Pembelajaran Tata Kecantikan Kulit, dan Rambut X.

Dalam modul tersebut siswa diharapkan bisa menghasilkan keluaran yang bernilai jual sesuai dengan jurusan dan kompetensinya.