Sosialisasi Protokol Kesehatan, Jokowi Ingin Libatkan Ibu-Ibu PKK

Jakarta, Posbaru – Pada Rapat Terbatas tentang penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka Hari Senin 3 Agustus 2020, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sampaikan keinginannya untuk melibatkan Ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam membantu sosialisasi pedoman kesehatan dan perubahan perilaku masyarakat.

Menurut Jokowi, masyarakat dalam beberapa waktu ini mengkhawatirkan peningkatan kasus, sebab ada 111 ribu kasus dengan case fatality rate 4,7% dan juga angka kematian di Indonesia lebih tinggi 0,8% dari angka kematian dunia.

Meskipun begitu, angka case recovery di Indonesia berdasar pada data terakhir yakni 61,9%. Untuk itu Jokowi tegaskan bahwa pedoman kesehatan terutama perubahan perilaku masyarakat merupakan utama yang harus diperhatikan.

Ia mengatakan, bahwa dalam dua minggu ini pihaknya terlah fokus mengkampanyekan penggunaan masker, dan nantinya pada dua minggu berikutnya akan dilakukan kampanye jaga jarak maupun cuci tangan.

Jokowi juga menyebutkan bahwa jika Ibu-ibu PKK siap maka akan sangat efektif untuk door to door mengenai sosialisasi penggunaan masker dan pedoman kesehatan lainnya.

Bagikan ?

Anda Mungkin Suka