Tahapan Pembukaan Sektor Ekonomi Telah Dimulai

Jakarta, Posbaru – Pemerintah umumkan bahwa tahapan rencana pembukaan sektor ekonomi dan penetapan 102 Kabupaten/Kota untuk melaksanakan program masyarakat produktif dan aman COVID-19 telah dimulai.

Program tersebut baru berlaku bagi sejumlah daerah Zona Hijau serta terdapat kasus COVID-19, sehingga dapat diberikan kewenangan untuk memulai pra-kondisi.

“Berdasarkan laporan yang diterima Ketua Gugus Tugas, kebijakan tersebut telah direspon baik oleh pemimpin daerah di 102 Kabupaten/Kota,” ujar Doni, (4/6) malam.

Menurutnya pelaksanaan masyarakat produktif dan aman COVID-19 harus terencana dengan menjalanlan tahapan-tahapan, waktu yang tepat, sektor yang diprioritaskan, koordinasi, monitoring, dan evaluasi.

“Untuk memastikan terlaksananya tahapan tersebut diperlukan pengawasan dan pengendalian agar tercapai masyarakat produktif dan aman COVID-19,” ucapnya.

Disamping itu pemerintah juga harus melindungi jutaan masyarakat yang kehilangan pekerjaan, agar tidak memicu masalah baru pada menurunnya daya beli masyarakat sehingga tidak mampu mendapatkan asupan makanan bergizi yang dapat menurunkan imunitas tubuh dan dapat berujung pada penyebab COVID-19.

“Dampak dari kehilangan pekerjaan ini akan mengurangi daya beli masyarakat sehingga tidak mampu mendapatkan asupan makanan bergizi yang dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga berisiko terpapar COVID-19,” ujar Doni.

Selain itu, Gugus Tugas juga telah mempertimbangkan risiko penularan menggunakan indikator kesehatan masyarakat berbasis data epidemiologi surveilans kesehatan masyarakat,dan pelayanan kesehatan.

Kemudian untuk Sembilan sektor yang dibuka kembali adalah pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian, peternakan, perikanan, logistik,dan transportasi barang.

Jika dalamperkembangannya ditemukan kasus baru, maka Ketua Gugus Tugas akan member rekomendasi susulan untuk menutup kembali aktivitas tersebut.

“Jika dalam perkembangannya ditemukan kasus Covid-19 dalam sektor tersebut, maka Gugus Tugas akan merekomendasikan kepada Kementerian terkait untuk menutup kembali aktivitasnya,” ucap doni.