Tata Cara Wudhu Yang Benar dan Baik

Posbaru – Wudhu adalah salah satu syarat sah Shalat, Bagi umat Muslim tentunya harus tahu bagaimana tata cara Berwudhu yang baik dan benar.

Wudhu sendiri salah satu fungsinya adalah untuk membersihkan diri dari hadast kecil, dan setelah maupun sebelum wudhu dianjurkan untuk membaca doa agar ibadah yang dilakukan sempurna.

Tata Cara Wudhu :

1. Membaca Niat Wudhu

“Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa”

Artinya : Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala.

2.Membaca Basmalah

Membaca basmalah dilakukan sambil mencuci kedua telapaktangan sebanyak 3 kali hingga ke sela jari, namun jika kalian lupa melakukan hal ini maka wudhu tetap sah.

3.Berkumur

Berkumur dengan air sebanyak 3 kali dan mengeluarkannya pastikan juga gigi bersih dari sisa-sisa makanan.

4.Mencuci Lubang Hidung

Cuci lubang hidung sebanyak 3 kali, hal ini dilakukan untuk mengeluarkan kotoran yang ada dalam hidung serta disunahkan juga untuk mencuci lubang hidung dengan cara menghirup air lalu mengeluarkannya.

5.Mencuci Muka

Cuci muka sebanyak 3 kali yang dimulai dari ujung kepala hingga bawah dagu serta pinggir telinga kanan ke pinggir telinga kiri.

6.Mencuci Kedua Tangan

Cuci kedua tangan hingga bagian siku sebanyak 3 kali yang dimulai dari bagian tubuh kanan.

7.Mengusap Kepala dari Depan sampai Belakang

Usap kepala dari depan sampai kebelakang sebanyak satu kali, hal ini tercantum dalam HR. Sahih Abu Dawud no.106 (“Aku Melihat Nabi SAW Mengusap Kepalanya Satu Kali”).

8. Membersihkan Kedua Telinga.

Bersihkan telinga dalam dengan cara memasukan jari telunjuk kedalam telinga lalu ibu jari mengusap kedua daun telinga yang dilakukan secara bersamaan pada kedua telinga.

9.Mencuci Kedua Kaki

Basuh kedua kaki dari atasmata kaki hingga telapak kaki serta sela-sela jari kaki sebanyak 3 kali dimulai dari kaki kanan.

10.Membaca Doa Setelah Wudhu

“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.”

Artinya : Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat, dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.

Hal Yang Membatalkan Wudhu :

  1. Keluar segala sesuatu dari dua jalan kemaluan
  2. Bersentuhan dengan lawan jenis bukan mahram (untuk akil baligh)
  3. Hilang akal (Gila, Tertidur, Pingsan, dan Mabuk)
  4. Bagian kemaluan tersentuh dengan tapak tangan atau jari

Syarat Sah Wudhu :

  1. Beragama Islam
  2. Niat
  3. Air yang digunakan harus suci dan mensucikan
  4. Membersihkan hal yang menghalangi air sampai kekulit
  5. Harus bersuci terlebih dahulu jika selesai buang hajat.