Tempat Wisata Luar Jawa yang Wajib Banget Dikunjungi !

Tempat Wisata Luar Jawa yang Wajib Banget Dikunjungi !

Posbaru – Tempat wisata di Indonesia sangatlah beragam dari mulai pegunungan yang hijau dan asri hingga kekayaan bawah laut dapat kalian temukan dari Sabang sampai Merauke. Semua tempat wisata tersebut tentunya memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing.

Ciri khas dan keunikan tersebut bisa berupa kekayaan alam maupun budaya masyarakat setempat yang di tiap daerah berbeda.

Nah ada beberapa rekomendasi tempat wisata di luar pulau Jawa yang wajib kalian kunjungi dan sayang untuk dilewatkan, berikut daftarnya.

1. Pulau Komodo (Taman Nasional Komodo)

Pulau Komodo
Pulau Komodo

Pulau yang berada di Kepulauan Nusa Tenggara ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Pulau Komodo telah ditetapkan menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1986.

Di pulau ini terdapat habitat binatang yakni Komodo atau “Komodo Dragon” yang wajib untuk dilindungi sebab hanya ada di pulau ini saja, selain itu pulau ini berhasil masuk ke dalam 7 keajaiban alam di Dunia (New Seven Wonders of Nature) pada tahun 2011.

Selain melihat hewan langka Komodo, kalian juga dapat melakukan aktivitas lain seperti menyelam, snorkerling, dan lain sebagainya.

Pulau Komodo juga terkenal dengan pantai merah muda (Pink Beach) yang mempunyai pasir pantai berwarna merah muda atau kemerahan, bahkan warna pasir yang merah muda akan sangat terlihat jelas ketika basah.

2. Tana Toraja

Tempat Wisata Luar Jawa yang Wajib Banget Dikunjungi !
Tana Toraja

Di daerah Makassar Sulawesi selatan kalian haru mengunjungi Tana Toraja yang menjadi salah satu destinasi wisata populer di dunia dan terkenal dengan budaya masyarakatnya yang masih memegang teguh aturan, kepercayaan, dan ritual nenek moyangnya.

Selain itu, Tana Toraja juga memiliki keindahan alam yang sangat indah seperti pegunungan dan bukit yang masih hijau dan asri. Nah ada salah satu spot yang sering diincar oleh para turis yakni di Batutumonga atau yang lebih terkenal dengan nama “Negeri di atas Awan” sebab di daerah ini kalian seperti berada di atas awan dan juga bisa melihat seluruh keindahan Tana Toraja.

3. Danau Sentani

Tempat Wisata Luar Jawa yang Wajib Banget Dikunjungi !
Tempat Wisata Luar Jawa yang Wajib Banget Dikunjungi !

Danau terbesar di Papua ini memiliki luas 9.360 ha dan berada di ketinggian 75 mdpl, uniknya di danau ini terdapat 21 pulau yang merupakan perkampungan warga setempat, jadi ketika mendatangi tempat ini kalian seperti berada di laut bukannya danau.

Selain keindahan alamnya yang luar biasa, di danau ini kalian juga bisa melakukan banyak aktivitas lain seperti memancing, berenang, atau jalan-jalan dengan perahu yang di sewakan, serta kalian juga bisa mengunjungi perkampungan sekitar untuk mencicipi makanan khas daerah atau juga mengunjungi festival yang diadakan setiap satu tahun sekali.

4. Kepulauan Anambas

Tempat Wisata Luar Jawa yang Wajib Banget Dikunjungi !
Anambas

Kepulauan yang terletak di Riau ini dinobatkan sebagai kepulauan tropis terbaik di Asia pada tahun 2013. Di daerah ini juga kalian akan di suguhkan pemandangan pantai yang indah, bersih dan eksotis serta beberapa bebatuan karang raksasa yang tersebar di sekitar pulau.

Selain itu, di daerah ini juga banyak fasilitas menginap yang menawarkan pelayanan terbaik mereka bahkan beberapa diantaranya memiliki spot yang pas menghadap ke laut.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Pantai di Jawa Barat, Cocok Untuk Liburan

5. Taman Nasional Wakatobi

Wakatobi
Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi berada di Sulawesi Tenggara yang memiliki kawasan terumbu karang dengan luas sekitar 1,3 juta hektar dan merupakan kawasan terumbu karang terluas di dunia setelah Great Barrier Reef di Australia.

Dalam kawasan terumbu karang tersebut hidup ribuan spesies flora dan fauna yang menjadi daya tarik utamanya, serta di tahun 2005 tempat ini masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Itulah lima tempat wisata di luar pulau Jawa yang wajib untuk kalian kunjungi, sebab tempat-tempat tadi memiliki keunikan dan ciri khas baik pemandangan alam hingga kebudayaan masyarakatnya.

Anda Mungkin Suka