Test PCR, Jabar Usulkan Gandeng Swasta

Kota Bandung, Posbaru – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) mengusulkan libatkan pihak swasta dalam pengetesan dengan metode Swab test Polymerase Chain Reaction (PCR).

Hal tersebut Ia sampaikan pada Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo pada Kamis 6 Agustus 2020 di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Kang Emil mengatakan bahwa opsi tersebut dapat meningkatkan rasio pengetesan di Provinsi Jawa Barat.

Jumlah populasi yang besar di Jabar menjadi salah satu faktor kelemahan dalam persentase angka pengetesan, Namun karena tes masif yang dilakukan, angka terkonfirmasi relatif rendah dibandingkan dengan Provinsi lain.

Ia mengatakan bahwa pihaknya baru bisa memberikan kapasitas tes PCR lima ribu perhari, dan jika bisa pihaknya akan melakukan 50 ribu tes per minggu untuk mengejar persentase 50 juta penduduk di Jabar.

Hal tersebut disambut baik oleh Doni, dan menurutnya harus ditindaklanjuti dengan kerja sama resmi pemerintah provinsi dan swata termasuk dalam pengembangan laboratorium.

Ia menjelaskan bahwa di Indonesia terdapat 278 mesin PCR dan hal tersebut belum diikuti dengan jumlah Sumber Daya Manusia yang memadai.  

Bagikan ?

Anda Mungkin Suka