Tips Menabung Bagi Manusia Serakah yang Baik dan Benar!

Menabung adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjamin kestabilan keuangan di masa depan. Atau cara kita mengumpulkan uang demi membeli sesuatu yang diinginkan selain cara cicilan.

Terdapat beberapa metode menabung yang bisa kalian lakukan seperti menyimpannya di bank, celengan, hingga brankas. Meski terlihat mudah, karena hanya perlu menyisihkan beberapa uang saja tapi nyatanya hal ini sangatlah sulit.

Mengapa begitu?, sebab manusia adalah makhluk tidak sempurna yang selalu menginginkan hal lebih dari yang dimilikinya. Sifat tersebut sudah menjadi sifat dasar manusia yang sulit dihilangkan, sehingga jika menabung sulit, tentu hal tersebut adalah benar.

Walaupun demikian, manusia juga mempunyai sifat pantang menyerah atau mencoba. Oleh karena itulah dalam artikel ini ada beberapa tips menabung yang bisa kalian coba.

1. Menabung Uang Kecil (Uang Kembalian)

Tips menabung yang pertama ini, sangat cocok untuk kalian yang tak pernah menabung dan selalu boros ketika berbelanja atau jajan. Bahkan terkadang orang yang bersifat seperti ini tak mementingkan uang pecahan Rp500 perak hingga Rp2 ribu atau selebihnya.

Bagi orang-orang seperti ini, ada satu cara yang bisa kalian lakukan untuk menabung. Yakni menyimpan kembalian yang biasanya tak dianggap tadi (Rp500 perak hingga Rp2 ribu atau lebih).

Simpanlah pecahan uang kecil tersebut dalam celengan kalian, kemudian simpan celengan di tempat yang jarang dijamah tetapi kalian ingat. Hal ini agar kalian tidak ingatan kalian sama-samar jika punya celengan yang berisi uang.

Selain itu, menabung uang kecil tidak akan menyiksa kalian. Sebab menabung dengan cara ini tidak akan kalian rasakan.

Walaupun begitu, cara ini tidak akan membuat kalian cepat mengumpulkan uang yang banyak tetapi efektif bagi kalian yang boros. Dan beberapa bulan, hari, hingga tahun berikutnya ketika kalian membutuhkan uang mungkin tabungan tadi akan terpakai efisien.

2. Pisah Bank

Menabung di bank adalah salah satu cara yang pas untuk kalian yang mungkin menyiapkan uang untuk pensiun atau membuka usaha jika suatu saat tidak bekerja.

Meski begitu, menabung dengan cara biasa di bank tak akan efektif bagi kalian yang boros. Oleh sebab itu saya menyarankan kalian membuat dua Bank.

Bank pertama adalah tabungan dengan biaya murah dan atm Banknya mudah ditemukan. Bank ini kalian gunakan untuk menyimpan uang jajan kalian (kebutuhan kalian) selama satu bulan lamanya.

Kemudian Bank yang kedua adalah bank yang atmnya sulit ditemukan, bank ini kalian gunakan untuk menyimpan uang yang tak digunakan sehari-hari atau “Tabungan Kalian”.

Rasio menyimpan uang diantara kedua bank tadi bisa disesuaikan tergantung kebutuhan kalian, tetapi saya menyarankan 70:30.

Contohnya jika kalian Berpendapatan Rp10 juta perbulan maka Bank Pertama (Uang Jajan) diisi dengan Rp3 Juta. Kemudian Bank Kedua (Tabungan) diisi Rp7 Juta.

Dengan cara ini maka kebutuhan bulanan kalian tidak akan melebihi anggaran yang telah ditentukan oleh kalian sendiri. Serta menabung pun akan lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: 5 Tips Berjualan di Instagram Agar Cepat Laku

3. Hitung Kebutuhan Secara Detail

Setelah mengetahui 2 tips tadi, langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah membuat perencanaan menabung.

Pertama hitung pendapatan kalian perbulan, kemudian hitung kebutuhan tiap bulan kalian secara detail dari mulai biaya transportasi, listrik, air, makan, jajan, dan lainnya.

Setelah hal tersebut dihitung maka kalian akan mendapat berapa besaran uang yang tersisa dari pendapatan per bulan kalian setelah dikurangi kebutuhan.

Lalu mulailah menyimpan uang kebutuhan di bank 1 (Bank Jajan) kemudian simpan uang tabungan di bank 2 (Bank Tabungan).

Kalian juga bisa menambah tabungan kalian dengan tips nomor satu tadi, contohnya jika kalian mendapat uang kecil dari kembalian jajan. Maka simpan uang tersebut di celengan seperti yang disebutkan dalam tips pertama tadi. Itulah beberapa tips menabung yang bisa kalian lakukan, sebenarnya tips tadi sangatlah mudah untuk dilakukan. Tetapi sekali lagi, manusia mempunyai sifat “ingin lebih” sehingga tips tadi tak berarti jika kalian sendiri tidak tahu bagaimana cara mengalahkan sifat jelek tadi.