Tujuan Permainan Sepak Bola dan Manfaatnya

Posbaru – Sebagai salah satu olahraga populer di dunia, ternyata sepak bola mempunyai beberapa tujuan dan manfaat. Adapun tujuan dan manfaat permainan sepak bola adalah sebagai berikut.

Tujuan

1. Tujuan inti dalam permainan sepak bola adalah mencegah bola masuk gawang dan memasukan bola ke gawang lawan dengan taktik pertahanan serta penyerangan yang disiapkan.

2. Menciptakan rasa saling menghormati antar sesama pemain.

3. Menjaga kesehatan tubuh seperti jantung, paru-paru, otot, hingga imunitas. Hal ini karena, sepak bola menuntut para pemainnya untuk terus bergerak dan berlari.

4. Sportifitas yang dibangun antar pemain baik lawan maupun kawan dapat menjaga kejujuran seseorang.

5. Mengkombinasikan teknik permainan yang ada.

6. Mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan.

7. Mengesampingkan sifat egois dan menjalin kerja sama tim demi meraih kemenangan.

Baca Juga: Pengertian Lengkap Olahraga Sepak Bola

Manfaat

Selain tujuan, sepak bola juga mempunyai beberapa manfaat yang baik bagi diri kita diantaranya adalah.

A. Mencerdaskan

Fisik bukanlah satu-satunya faktor yang membawa kemenangan, sebab otak pemain juga harus digunakan dalam olahraga ini.

Seperti, ketepatan dan kecepatan berpikir untuk menjalankan taktik dan tempo yang telah disusun menggunakan mata, otak dan anggota tubuh lainnya.

B. Melatih Disiplin

Latihan yang rajin dengan niat kuat yang dilakukan oleh pemain sepak bola untuk bisa lebih baik lagi, membuatnya memiliki komitmen serta disiplin yang tinggi.

C. Kuatkan Mental

Pelatihan yang rutin, sikap lawan, dan kalah-menang merupakan beberapa hal yang mudah ditemukan dalam olahraga ini.

Bahkan dalam beberapa pertandingan mungkin saja lawan melakukan perbuatan curang. Meski begitu, hal ini menjadi kekuatan kita dalam memperkuat mental untuk pertandingan yang lebih besar.

D. Menjaga Kesehatan

Olahraga ini mengharuskan pemainnya bergerak lincah sambil berlari demi meraih kemenangan, maka tak heran jika sepak bola dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

E. Hubungan Antar Manusia

Kerjasama tim, komunikasi, kekompakan, dan pengertian antar pemain dalam tim akan mengajarkan seorang pemain bola (pesepak bola) bahwa bermain bola bukan hanya kompetisi namun juga kolaborasi.

Itulah tujuan permainan sepak bola beserta manfaatnya, tujuan utama dari permainan sepak bola sebenarnya adalah menjaga gawang dari gol lawan serta mencetak gol sebanyak mungkin.