Uji Klinis Vaksin COVID-19 Telah Selesai

Jakarta, Posbaru – Uji Klinis kandidat vaksin COVID-19 yang dikembangkan Sinovac dengan bekerjasama dengan Bio Farmah telah selesai dan saat ini BPOM tengah memproses analisa untuk memastikan aspek keamanan dan efektivitas sebelum mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPOM, Penny Lukito dalam keterangan pers usai Rapat Terbatas Laporan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional pada hari Senin (23/11/20) di Jakarta.

Menurutnya, sesuai arahan Presiden, BPOM berkomitmen memberikan vaksin yang memenuhi khasiat, keamanan, dan efektivitas yang mana proses tersebut tengah dilakukan oleh BPOM dan nanti pada waktunya akan mengeluarkan EUA.

Terawan Agus Putranto, Menteri Kesehatan Republik Indonesia mengatakan, pihaknya sedang melakukan berbagai persiapan akhir dari mulai sumber daya manusia, fasilitas, dan simulasi. Hal tersebut dilakukan untuk melancarkan proses vaksinasi yang nanti dilaksanakan.

Ia juga menyebutkan, Kemenkes telah melakukan simulasi pendistribusian vaksin dengan rinci agar pelaksanaan vaksinasi tidak terhambat ataupun lamban.

“Kami terus laksanakan secara rutin dan terus-menerus supaya semua tidak terjadi gangguan dan bisa berjalan dengan lancar. Kami menyiapkan semua sarana prasarananya dan mudah-mudahan semuanya bisa berlangsung dengan baik bila nanti tiba waktunya kita melaksanakan vaksinasi,” ujarnya.

Anda Mungkin Suka