Vaksin AstraZeneca Telah Tiba di Indonesia

Tangerang, Posbaru – Pada hari senin (08/03/21), Pemerintah Republik Indonesia kembali mendatangkan vaksin sebanyak 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca dalam bentuk jadi yang dikirim melalui Pesawat Maskapai KLM dari Amsterdam, Belanda dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tenggerang, Banten.

“Pada hari ini, Indonesia menerima pengiriman pertama vaksin AstraZeneca sebesar 1.113.600 vaksin jadi, dengan total berat 4,1 ton yang terdiri dari 11.136 karton,” ujar Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Vaksin sebanyak 1.113.600 tersebut menurut Retno merupakan bagian awal dari batch pertama pemberian vaksin melalui jalur multilateral COVAX Facility.

“Di dalam batch pertama, Indonesia akan memperoleh 11.704.800 vaksin jadi. Pengiriman batch pertama akan dilakukan hingga Mei 2020 dan insyaallah menurut rencana akan diikuti batch-batch selanjutnya,” ucapnya.

Kedatangan vaksin AstraZeneca adalah tahap ke-enam kedatangan vaksin COVID-19 di Tanah Air.

Baca Juga : Ternyata Bandrek Bisa Bantu Cegah Corona !!!

Retno mengatakan bahwa Fasilitas COVAX merupakan kerja sama multilateral untuk memastikan semua orang di dunia menerima vaksin COVID-19, skema kerja sama tersebut di gagas oleh Aliansi Vaksin GAVI, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Koalisi untuk Inovasi Ke-siapsiagaan Epidemi (CEPI) serta UNICEF.

Indonesia sendiri, melalui Menlu RI Retni LP Marsudi, merupakan salah satu ketua bersama (Co-Chair) dari program kerjas ama vaksin multilateral COVAX Advance Market Commitment (AMC) Engagement Group (EG) yang ber-anggota 92 negara.