Vaksin COVID-19 Disediakan Dengan Aman, Tepat, Cepat

Jakarta, Posbaru – Pemerintah sedang berusaha untuk sediakan proteksi kepada masyarakat dengan memproduksi atau menyediakan Vaksin COVID-19 yang aman, tepat, dan cepat.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan, Berbagai inisiatif kerja sama sudah dilakukan terkait dengan vaksin, contohnya kerjasama antara Bio Farma dan Sinovac yang sedang melakukan uji klinis fase 3.

Yang nantinya diharapkan bisaselesai dalam waktu yang cepat serta dapat dilakukannya produksi, meskipun begitu Jubir menyampaikan bahwa dalam rangka kerja sama ini ada juga inisiatif lain yang dilakukan untuk kemandirian Indonesia.

Ia menyebutkan, Pihaknya ingin produksi vaksin dilakukan oleh perusahaan dalam negeri, yang sementara ini dilakukan PT. Bio Farma yang merupakan BUMN dan ada rencana dengan pihak swasta yakni PT.Kalbe yang nantinya akan berkembang dengan berbagai alternative lainnya di Indonesia.

Dalam hal ini, Tim pakar bidang vaksin dan obat akan memastikan kandidat vaksin yang dibuat sesuai dan cocok bagi perlindungan masyarakat.

 Pemerintah Indonesia juga memprioritaskan 3 hal penting dalam pembuatan vaksin, yakni Aman, Tepat, dan Cepat.

Aman yang dimaksud adalah,vaksin harus mampu memberikan perlindungan tanpa adanya efek samping, lalu yang dimaksud dengan Tepat yakni Vaksin harus bisa menimbulkan kekebalan yang spesifik terhadap virus, dan cepat yakni seluruh tes yang dilakukan termasuk uji klinis harus dilaksanakan dengan cepat dan benar.

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment