Wakil Gubernur Jawa Barat Lepas Distribusi Bansos Untuk Kab.Cirebon

Kab. Cirebon, Posbaru – Uu Ruzhanul Ulum Wakil Gubenur Jawa Barat (Jabar) melepas distribusi bantuan sosial untuk Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, di Kantor Pos Sumber, Sabtu (9/5).

Bantuan Sosial (Bansos) Provinsi Jawa Barat bagi Kecamatan Sumber ini menjadi pendistribusian bansos pertama Provinsi pertama di Kab. Cirebon.

Menurut Uu Ruzhanul Ulum agenda hari ini, akan memberikan bansos kepada 109 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) di Kelurahan Tukmudal dan 34 KRTS di Kelurahan Pasalakan, Ia juga mengatakan bahwa 479 bansos berupa pangan dan non tunai itu bisa disalurkan seluruhnya oleh lima pengantar dari PT Pos Indonesia dan 10 Mitra ojek online.

Uu juga menyebutkan jika penyedia sembako untuk bantuan pangan berasal dari pedagang setempat sehingga dapat menggerakan ekonomi lokal.

Untuk data penerima bansos ini didapat dari Bupati Cirebon yang lebih tau siapa yang layak mendapatkannya.

Ia juga mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon karena telah melakukan pendataan kurang lebih 72 ribu warga terdampak COVID-19 yang perlu mendapatkan bantuan.

Meski begitu, Uu mengingatkan bahwa bansos provinsi merupakan salah satu dari sembilan pintu bantuan yang bisa diberikan bagi warga Jabar.

Sembilan pintu itu adalah Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, bantuan sosial (bansos) dari presiden, Dana Desa (bagi kabupaten), Kartu Pra Kerja, bantuan tunai dari Kemensos, bansos provinsi, serta bansos dari kabupaten/kota.

“Ada sembilan pintu bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Untuk menyusuri yang tidak masuk (penerima bantuan dari pusat), provinsi berikan bansos seperti ini. Jadi bantuan ini bukan untuk seluruh warga Jabar, hanya mereka yang terdaftar dan didaftarkan,” ujarnya.

“Setelah adanya bansos dari provinsi, mohon masyarakat tidak gaduh. Jika ada yang belum terdaftar, mari bicarakan kembali. Sampaikan sesuai mekanisme,” katanya.