Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Posbaru –  Ada beberapa cara agar daging tidak cepat busuk saat disimpan untuk waktu yang cukup lama bahkan bisa dibilang beberapa cara ini dapat membuat daging bertahan lama.

Khususnya pada saat Idul Adha banyak masyarakat yang tidak langsung memasak daging kurban, beberapa menyimpannya dulu untuk nanti di kemudian hari dimasak.

Inilah Berbagai Cara Menyimpan Daging Agar Tahan Lama :

1.Jangan Dicuci

Jika daging mentah akan dibekukan oleh kalian, janganlah dicuci terlebih dahulu. Sebab jika kalian mencucinya terlebih dahulu justruakan mengundang bakteri sehingga daging mentah tidak akan bertahan lama.

Nah Tipsnya adalah, jangan dulu cuci daging mentah dan simpan daging didalam wadah yang tertutup rapat agar tidak terkontaminasi dengan bahan makanan atau makanan lainnya.

2.Jangan Sentuh Daging Ketika Tangan Kotor

Menyentuh daging ketika tangan dalam keadaan yang tidak bersih dapat menyebabkan aneka mikroba penyebab penyakit berpindah serta berkembang biak did aging.

Untuk itu sebelum menyentuh daging baiknya kalian mencuci tangan terlebih dahulu.

3.Jangan Langsung Masuk Freezer

Memasukan daging mentah langsung kedalam freezer bisa merusak kualitas dari daging itu sendiri.

Baiknya sebelum disimpan dalam freezer, daging mentah diletakan/disimpan dulu dalam lemari pendingin, sekitar 10 hingga 20 jam. Nah barulah setelah itu kalian dapat menyimpannya didalam freezer untuk dibekukan.

4.Diberi Bumbu Terlebih Dahulu

Jika cara pertama jangan mencuci daging mentah, di cara yang satu ini kalian boleh mencuci daging mentah lalu dibumbui dan setelah itu dimasukan dalam freezer.

Cara ini sudah terbukti dapat membuat daging mentah bertahan lama, bumbu yang kita rekomendasikan agar daging menjadi tahan lama yakni garam, gula, kunyit, dan bawang.

Dalam hal ini kalian juga bisa mengkombinasikan bumb-bumbu yang kita rekomendasikan dengan bumbu lainnya, sesuai dengan selera kalian.

5.Bungkus Dengan Benar

Selain disimpan dalam wadah yang tertutup rapat, saat menyimpan daging mentah juga alangkah baiknya diberikan tambahan lapisan lain seperti plastik atau alumunium foil dan setelah itu barulah kalian dapat menyimpannya didalam freezer.

Cara tersebut dilakukan untuk menjaga kelembapan daging agar tetap segar, selain itu daging juga akan terjaga rasa serta kandungan nutrisinya.

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment