Lirik dan Makna Lagu Garuda Pancasila Beserta Penciptanya

Posbaru – Lagu Garuda Pancasila yang diciptakan oleh Prohar Sudharnoto ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, sebab hampir setiap 17 Agustus atau Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Lagu Garuda Pancasila tidak pernah absen untuk di nyanyikan.

Lagu ini juga sering ada dalam momen-momen kenegaraan lainnya. Nah lagu Garuda Pancasila juga termasuk ke dalam Lagu Nasional dimana setiap lirik lagunya mempunyai makna yang tidak sembarangan, untuk lebih jelasnya, berikut lirik dan makna Lagu Garuda Pancasila.

Garuda Pancasila, Akulah pendukungmu

Makna :
Sebagai warga negara Indonesia, Kita sudah menyetujui, menerima, dan mendukung Pancasila sebagai dasar Negara serta ideologi dan pandangan hidup yang harus dijunjung tinggi.

Patriot proklamasi, Sedia berkorban untukmu

Makna :
Bukan hanya sekadar menerima namun juga kita (masyarakat Indonesia) rela berkorban demi melindungi Pancasila dari ideologi lain, atau tercemar (terganti) oleh ideologi lain.

Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosa

Makna:
Mengartikan bahwa Pancasila adalah pedoman hidup masyarakat Indonesia yang juga merupakan sarana untuk meraih cita-cita bangsa yakni kehidupan adil, makmur, dan sentosa.

Pribadi bangsaku

Makna:
Pancasila adalah ideologi bangsa yang membentuk identitas serta jati diri bangsa Indonesia

Ayo maju maju, Ayo maju maju, Ayo maju maju

Makna:
Ajakan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bergotong-royong (bersama-sama) membela serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila demi meraih cita-cita bangsa.

Itulah lirik dan makna lagu Garuda Pancasila karya Prohar Sudharnoto, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kalian.