10 Contoh Seni Rupa Terapan Beserta Penjelasannya

10 Contoh Seni Rupa Terapan Beserta Penjelasannya

Posbaru, Halo Kawan dalam artikel ini kita akan memberikan contoh karya seni rupa terapan beserta penjelasannya, namun sebelum itu kalian harus tahu apa yang dimaksud dengan seni rupa terapan.

Seni Rupa Terapan atau dalam bahasa Inggris disebut Applied Art adalah karya seni rupa yang digunakan di kehidupan sehari-hari dan mengandung nilai fungsi tertentu disamping nilai seni yang dimilikinya.

Oleh sebab itu, karya seni ini cenderung mengutamakan faktor pemakaian dari segi keindahan dan artistiknya. Berikut contoh karya seni rupa terapan dan penjelasannya.

1. Pakaian

Pakaian adalah kebutuhan primer manusia, pakaian juga merupakan karya seni sebab proses pembuatannya melalui berbagai tahapan dari bahan mentah berupa kain hingga bisa digunakan oleh kita.

Seni dalam membuat pakaian lebih dikenal dengan nama Fashion Design dan pembuatnya disebut Fashion Designer.

2. Peralatan Makan

Peralatan makan termasuk kedalam karya seni terapan namun peralatan makan juga bisa dikaitkan dengan karya seni rupa murni hanya penggunaannya saja yang berbeda, dimana pada karya seni rupa terapan peralatan ini digunakan untuk alat bantu manusia ketika makan sedangkan pada karya seni rupa murni peralatan ini digunakan sebagai hiasan.

3. Peralatan Dapur

Peralatan ini umumnya terbuat dari alumunium atau logam yang dibentuk untuk memudahkan manusia dalam memasak, contohnya wajan, panci, serok dan lainnya.

Nilai seni dari peralatan ini bisa dilihat dari bentuknya yang memberikan kemudahan dan kenyamanan penggunannya. Bahkan peralatan dapur ini di setiap daerah atau negara memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan kebudyaannya.

4. Anyaman

Anyaman biasanya terbuat dari serat yang dirangkai hingga membentuk sebuah benda, dimana anyaman diolah dari bahan yang berasal dari tumbuhan namun di zaman modern ini ada juga anyaman yang dibuat dari serat plastik.

Biasanya anyaman dijadikan keranjang atau perabot lain seperti tikar, piring, tirai dan lain sebagainya.

5. Batik

Batik merupakan karya seni rupa terapan yang mempunyai nilai seni tinggi serta merupakan budaya Indonesia sejak zaman dahulu.

Secara umum batik digunakan oleh manusia sebagai pakaian namun selain itu pola batik juga dapat digunakan sebagai wallpaper, rok, tas, dan lainnya.

6. Kerajinan Kulit

Karya Seni Rupa Terapan ini sangat mudah ditemukan dengan berbagai macam bentuk dan fungsi, seperti jaket, sepatu, dompet, wayang, dan lainnya.

Pengrajin kulit banyak ditemukan di daerah Jawa Barat dan Yogyakarta. Kerajinan kulit ini dibuat dari bahan kulit yang sudah di samak, kulit mentah atau kulit sintesis yang bisa dihasilkan dari hewan sapi, kerbau, kambing, buaya, ular, dan lainnya.

7. Senjata Tradisional

Senjata Tradisional mempunyai nilai seni tinggi dan hal tersebut dapat dilihat dari desain dan detailnya, serta setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing pada senjata tradisionalnya.

Senjata tradisional ini juga masih banyak digunakan hingga saat ini untuk berburu, bertani, dan lain sebagainya.

8. Alat Transportasi

Alat transportasi modern maupun tradisional merupakan karya seni terapan yang banyak digunakan sebagai alat pengangkut dari satu titik ke titik lainnya. Contoh seni dalam alat transportasi dapat dilihat dari desain sebuah mobil mewah yang sengaja dibuat untuk memberikan nilai estetika tinggi.

Baca Juga : Seni Patung Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Teknik Pembuatan

9. Peralatan Elektronik

Peralatan Elektronik adalah karya seni rupa terapan contohnya hanphone atau smartphone yang di desain semenarik mungkin sehingga mempunyai nilai seni yang tinggi bahkan dapat mempengaruhi harganya menjadi lebih mahal.

10. Poster

Meskipun bentuknya hampir sama dengan lukisan namun Poster tidak termasuk kedalam seni rupa murni melainkan masuk ke dalam seni rupa terapan.

Hal tersebut karena poster memiliki fungsi yang ditujukan sebagai himbauan atau ajakan pada publik.

Itulah 10 contoh seni rupa terapan yang mudah untuk kita temui, semoga dengan artikel ini kalian lebih memahami materi tersebut.

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment