Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

Posbaru – Pada 17 Agustus 1945 Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta membacakan Proklamasi bangsa Indonesia, yang merupakan pernyataan akan kemerdekaan yang diperjuangkan seluruh masyarakat Indonesia.

Proklamasi memiliki makna yang sangat penting bagi rakyat Indonesia sebab Proklamasi adalah awal sejarah kemerdekaan Indonesia. Dimana untuk mendapatkan kemerdekaan, rakyat Indonesia mengorbankan diri untuk melawan penjajah dan banyak juga yang menjadi korban dan tentunya hal itu tidaklah mudah.

Proklamasi juga menjadi semangat untuk kita, terus mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang sudah diraih dengan begitu banyaknya pertumpahan darah.

Makna Proklamasi sendiri,terdiri dari Makna kemerdekaan Indonesia Bagi Bangsa Indonesia, Berikut Makna Proklamasi :

Lahirnya Indonesia

Sebelum adanya Proklamasi tidak ada Negara Indonesia, sebab Indonesia masih di kuasasi oleh Belanda Sehingga dahulu dari Sabang Hingga Merauke disebut Hindia Belanda.

Barulah setelah adanya proklamasi Negara Indonesia lahir yang memiliki pemerintahan tanpa campur tangan Negara/Bangsa lain.

Berakhirnya Penderitaan Rakyat Indonesia

Saat zaman penjajahan rakyat Indonesia mengalami duka dimana terjadinya kelaparan dan kemiskinan.

Lalu setelah adanya Proklamasi, rakyat Indonesia terbebaskan dari belenggu penjajah dan dapat hidup dengan lebih sejahtera.

Selain itu, pada zaman penjajahan rakyat Indonesia dirampas materi dan sosialnya, bahkan tidak memiliki harga diri yang berarti, sebab bagi penjajah, rakyat Indonesia adalah budak.

Tonggak Sejarah

Proklamasi merupakan tonggak/tiang sejarah Indonesia, dan setelahnya sebagai dasar untuk mewujudkan pembangunan nasional, Kesatuan dan persatuan yang terbentuk melalui Bhinneka Tunggal Ika akan diperjuangkan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga : 5 Tari Tradisional Indonesia yang Populer Hingga ke Mancanegara

Puncak Perjuangan Rakyat Indonesia

Lamanya masa penjajahan di Indonesia tentunya menambah daftar perjuangan untuk meraih kemerdekaan.

Proklamasi Kemerdekaan adalah sebuah puncak dari seluruh perjuangan yang dilakukan rakyat Indonesia.