6 Makanan Yang Mengandung Kalsium

Posbaru – Makanan yang memiliki kalsium tinggi mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan apalagi kesehatan tulang dan gigi, selain itu kalsium juga memiliki peran untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah osteoporosis dan lain masih banyak lainnya.

Namun perlu diingat bahwa setiap orang memiliki jumlah asupan kalsium harian yang berbeda tergantung pada jenis kelamin dan usia.

Untuk usia dewasa biasanya jumlah asupan kalsium yang dibutuhkan adalah 1000 mg per hari sedangkan untuk wanita 50 tahun keatas dan pria 70 tahun keatas 1.200 mg perhari, lalu untuk anak 9-18 tahun 1.300 mg kalsium per hari.

Berikut beberapa sumber makanan tinggi kalsium :

1. Keju

Hampir semua keju merupakan sumber kalsium yang bagus, namun diantara semua keju, jenis keju parmesan adalah yang paling tinggi mengandung kalsium.

Sebab dalam 28 gr keju parmesan terdapat 331 mg kalsium sedangkan keju lainnya memiliki sumber kalsium yang lebih sedikit.

Meskipun begitu mengkonsumsi keju tetap harus dibatasi dan jangan terlalu berlebihan, sebab dalam keju terdapat juga banyak lemak dan kalori serta sebagiannya juga mengandung natrium.

2.Susu

Semua jenis susu memiliki sumber kalsium yang bagus apalagi susu rendah lemak dan tanpa lemak.

Susu sapid dan kambing adalah sumber kalsium yang bagus,dalam susu sapi kandungan kalsiumnya beragam dari 276-352 mg kalsium tergantung dari jenisnya.

Sementara dalam secangkir susu kambing terdapat 327 mg kalsium, selain itu susu juga mengandung protein seperti vitamin A dan D.

 3.Edamame & Tahu

Edamame merupakan kedelai muda yang memiliki sumber kalsium bagus, sebab dalam satu cangkir edamame terdapat 155 gram kalsium. Dan juga merupakan sumber protein dan folat yang bagus.

Lalu dalam setengah cangkirtahu terdapat 126 gram kalsium yang bisa mencukupi 86 % kebutuhan kalsium harian.

4.Sayuran Hijau

Sayuran Hijau memang terkenal sangat menyehatkan dan ternyata beberapa dari sayuran hijau tersebut memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Seperti bayam, kale, lobak, sawi hijau, okra, dan Brokoli.

Misalnya saja dalam satu cangkir Bayam terdapat 132 gram kalsium, selain itu bayam juga memiliki Vitamin A dan C.

5. Almond

Hampir semua kacang-kacangan memiliki kalsium yang bagus, seperti kacang tanah, lentil, kedelai, almond, biji chia, dan biji wijen.

Namun dari semua itu, Almond memiliki kandungan kalium tertinggi, sebab dalam 1 ons almond dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian sebanya 8 %.

Selain itu almon juga merupakan sumber magnesium, vitamin E dan mangan.

6.Sarden

Sarden kalengan sangat kaya akan kalsium akibat dari tulannya yang dapat dikonsumsi, dan dalam satu kaleng sarden terdapat 92 gram kalsium yang tentunya bisa mencukupi kebutuhan kalsium harian manusia hingga 35%.

Selain itu sarden juga memiliki kandungan protein dan asam lemak omega-3 yang berkualitas dan tentunya bermanfaat.