Pengertian Limbah Lengkap Beserta Jenis dan Dampaknya

Posbaru, Pengertian Limbah – Apa itu Limbah ?. Secara umum, limbah adalah bahan sisa produksi yang tidak memiliki nilai guna atau sudah tidak terpakai lagi. Limbah juga dikenal dengan nama “sampah industri”, “sisa hasil pabrik” dan lain sebagainya.

Pengertian lain dari limbah adalah buangan yang dihasilkan dari aktivitas produksi baik domestik maupun non-domestik.

Limbah domestik meliputi rumah tangga, sekolah, pasar, pusat keramaian dan lain semacamnya, contoh limbah ini adalah plastik, air bekas cucian, sisa makanan, dan lainnya.

Sementara limbah non-domestik meliputi pabrik, industri, pertanian, peternakan, dan lain semacamnya, contoh limbah ini adalah sisa zat pewarna kain, pengawet, dan lainnya.

Pengertian Limbah Menurut Para Ahli

A. Peraturan Pemerintah No. 18/1999 Jo.PP 85/1999

Limbah adalah sisa atau buangan suatu usaha dan atau kegiatan manusia. Dengan kata lain limbah merupakan barang sisa atau buangan dari suatu kegiatan yang sudah tidak bermanfaat.

B. Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Menperindag) RI No.231/MPP/Kep/7/1997 Pasal 1 tentang Prosedur Impor Limbah

Limbah adalah barang atau bahan sisa dan bekas dari kegiatan atau proses produksi yang fungsinya telah berubah.

Dampak Limbah

Keberadaan limbah harus menjadi perhatian semua pihak, sebab jika tidak dikelola dengan baik maka bisa menimbulkan kerusakan lingkungan hingga munculnya beragam penyakit baru yang bisa menjangkit setiap makhluk hidup termasuk manusia.

Terdapat beberapa dampak limbah yang harus kalian ketahui, diantaranya adalah.

1. Bisa menimbulkan infeksi cacing pita yang bisa berasal dari mana saja salah satunya dari daging hewan ternak yang dikonsumsi manusia.
2. Menimbulkan beragam virus yang kapan saja bisa menjangkit manusia jika pengelolaannya tidak dilakukan dengan benar.
3. Menghilangnya nyawa seseorang adalah salah satu kemungkinan terburuk yang bisa terjadi kapan saja, contohnya ketika air buangan limbah dibuang sembarangan di sungai lalu mencemari ikan dan air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari manusia seperti bertani, memancing, dan lainnya.
4. Limbah industri yang mengandung logam atau zat lainnya bisa mengurangi kandungan oksigen dalam air dimana hal tersebut dapat mengganggu ekosistem yang ada.

Baca Juga: Dampak Pemanasan Global dan Cara Mengatasinya

Jenis-Jenis Limbah

Limbah terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah.

A. Berdasarkan Sumbernya

1. Limbah Domestik: dihasilkan dari kegiatan rumah tangga dan usaha seperti pasar, restoran, perkantoran dan lain semacamnya.
2. Limbah Industri: berasal dari buangan hasil proses industri dengan bentuk beragam sesuai jenis industrinya.
3. Limbah Pertanian: dihasilkan dari kegiatan pertanian, perkebunan dan lain semacamnya, yang mana umumnya mudah terurai.
4. Limbah Medis: dihasilkan dari kegiatan kesehatan (medis) yang berupa obat-obatan, masker, zat kimia, dan lain semacamnya.
5. Limbah Pertambangan: berasal dari kegiatan menambang yang berupa material tambang tergantung jenis pertambangannya seperti logam atau batuan.
6. Limbah Konstruksi: berasal dari material sisa konstruksi, bisa berupa logam berat, kayu, dan lain semacamnya.

B. Berdasarkan Senyawanya

1. Limbah Organik: bersifat mudah terurai, contohnya adalah kotoran, sayuran busuk, air kencing, dan lain semacamnya.
2. Limbah Anorganik (Non-Organik): bersifat sulit terurai, contohnya adalah kaca, plastik, sabun cuci, dan lain semacamnya.
3. Limbah B3: bersifat beracun yang artinya dapat membahayakan kehidupan makhluk hidup, contohnya adalah logam berat AI, zat kimia sianida, dan lain semacamnya.

C. Berdasarkan Wujud

1. Limbah Cair
2. Limbah Padat
3. Limbah Suara
4. Limbah Gas

Demikianlah artikel tentang limbah dari mulai pengertian, dampak, hingga jenisnya. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian!.