15 Rekomendasi Film Animasi Disney Terbaik “Wajib Nonton !”

Posbaru – Film kartun atau animasi Disney merupakan rekomendasi yang pas untuk menikmati musim liburan, apalagi pada libur kali ini kebanyakan orang memilih untuk diam di rumah dikarenakan pandemi COVID-19. oleh sebab itulah dalam artikel ini kami akan memberi rekomendasi Film Animasi Disney terbaik.

Film-film kartun atau animasi memang sangat banyak digemari oleh semua kalangan dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, contohnya kartun atau animasi Disney yang selalu membuat orang tertarik untuk menontonnya. adapun film animasi Disney terbaik adalah sebagai berikut.

Rekomendasi Film Animasi Disney Terbaik

1. Onward

GenreAnimation, Adventure, Comedy
Rilis4 Maret 2020
SutradaraDan Scanlon
Rating7,4/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 42 Menit
ProduksiWalt Disney Pictures, Pixar Animation Studios

Sinopsis

Bercerita tentang dunia sihir dimana pada dahulu kala banyak keajaiban dan orang-orang yang berkemampuan sihir, namun seiring dengan berjalannya waktu banyak hal telah berubah dan semakin canggih dengan terobosan teknologi-teknologi yang ada.

Laurel Lightfoot yang memiliki dua orang anak bernama Ian dan Barley hidup bahagia walaupun sudah ditinggal suaminya bertahun-tahun lalu. Hingga pada suatu ketika Laurel memberikan kedua anaknya sebuah barang dimana barang tersebut merupakan hadiah dari ayah mereka.

Namun ketika dibuka, ternyata hadiah tersebut merupakan tongkat sihir dan kertas petunjuk cara penggunaan tongkat tersebut, singkatnya mereka mengikuti semua petunjuk penggunaan tongkat tersebut dengan harapan dapat membawa sang ayah hidup kembali.

Meski mereka berhasil, namun yang muncul hanya sebatas kaki hingga pinggang ayahnya saja, untuk itu mereka terus mencari tahu dan mempelajari ilmu sihir demi mengembalikan sang ayah yang sudah meninggal.

Namun perjuangan mereka harus dihadapkan dengan banyak halangan dari mulai makhluk jahat dan masih banyak lainnya.

2. Phineas and Ferb the Movie: Candace Against the Universe

GenreAnimation, Comedy, Adventure
Rilis28 Agustus 2020
SutradaraBob Bowen
Rating7,2/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 26 Menit
ProduksiDisney Television Animation

Sinopsis

Candace tiba-tiba diculik oleh alien, Phineas dan Ferb yang ingin menyelamatkannya terpaksa harus pergi melintasi galaksi dan mengejar para alien tersebut ke planet utopia yang jauh.

3. Lamp Life

GenreAnimation, Short, Adventure
Rilis5 September 2020
SutradaraValerie LaPointe
Rating6,7/10 (IMDb)
Durasi7 Menit
ProduksiDisney

Sinopsis

Bo Peep adalah lampu keramik yang dapat memainkan lagu tidur dan tidak dapat hidup tanpa ketiga dombanya, dalam dua sekuel Toy Story pertama, Boo Peep mempunyai perasaan kepada Woody.

Dalam sekuel ketiga Bo Peep adalah mainan yang sudah lama disimpan bertahun-tahun dan pada sekuel keempat Ia muncul lagi.

Film pendek ini menceritakan apa yang terjadi Bo Peep setelah sekuel kedua Toy Story dan sebelum Ia muncul kembali dalam Toy Story 4.

4. Soul

GenreComedy, Animation, Adventure, Kids and Family
Rilis25 Desember 2020
SutradaraPete Docter, Kemp Powers
Rating7,8/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 40 Menit          
ProduksiWalt Disney Pictures, Pixar Animation Studios

Sinopsis

Soul menceritakan seorang pria bernama Joe yang berprofesi sebagai guru musik di salah satu sekolah menengah, Ia sendiri mempunyai mimpi untuk tampil di panggung besar dan membawakan music Jazz.

Sebab menjadi seorang guru bukanlah impiannya, melainkan hanya untuk mencari nafkah saja, namun ketika Ia diangkat menjadi guru Joe malah memilih untuk mengejar cita-citanya dalam bermusik.

Dari sanalah Joe terus mengejar cita-citanya dan melewati segala rintangan yang ada, lalu apakah Ia berhasil ?

5. Big Hero 6

GenreAnimation, Action, Adventure, Kids and Family, Comedy, Sci-Fi
Rilis7 November 2014
SutradaraDon Hall, Chris Williams
Rating7,8/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 42 Menit
ProduksiWalt Disney Animation

Sinopsis

Seorang anak bernama Hiro yang selalu bermain pertandingan robot ilegal, Ia sendiri sangat mahir dalam membuat robot, namun kakaknya Tadashi tidak suka jika kemampuan adiknya tersebut digunakan hanya untuk mengikuti pertandingan ilegal saja.

Hingga suatu ketika, kakaknya mengajak Hiro ke tempat kuliahnya dan mengenalkan adiknya tersebut ke teman-temannya yang juga sangat mahir dalam membuat sesuatu, Hiro pada akhirnya berniat masuk ke kampus tersebut dan membuat sebuah robot karyanya sendiri agar dapat diterima ke universitas itu.

Namun nasib malang harus diterimanya sebab, ketika Hiro diterima masuk ke universitas dalam acara pameran robot, kakaknya harus meninggal akibat kebakaran di tempat tersebut, namun Hiro mendapati sesuatu hal yang janggal mengenai kebakaran tersebut, hal apakah itu ?

6. Up

GenreComedy, Animation, Adventure, Kids and Family
Rilis29 Juli 2009
SutradaraPete Docter, Bob Peterson
Rating8,2/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 36 Menit
ProduksiPixar Animation Studios, Walt Disney Pictures

Sinopsis

Seorang kakek bernama Carl yang mengidolakan penjelajah terkenal Charles, berniat pergi ke paradise falls yang mana tempat tersebut adalah area penjelajahan Charles sang, uniknya Ia berangkat bukan dengan kendaraan biasa melainkan dengan rumah yang sudah didiaminya berpuluh-puluh tahun bersama sang istri.

Rumah tersebut Ia modifikasi agar dapat terbang dan melanjutkan mimpinya dan sang istri yang sudah wafat untuk pergi ke paradise falls, namun perjuangannya tak mudah sebab banyak rintangan dan halangan bahkan sebuah kejadian yang membuatnya menyadari kebenaran dari Charles yang dia idolakan.

7. Inside Out

GenreComedy, Animation, Fantasy, Kids and Family
Rilis19 Agustus 2015
SutradaraPete Docter, Ronnie Del Carmen
Rating8,1/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 35 Menit
ProduksiPixar Animation Studios, Walt Disney Pictures

Sinopsis

Seorang anak perempuan 11 tahun bernama Riley yang di dalam pikirannya terwujud beberapa karakter yakni gembira, sedih, takut, marah, dan jijik dimana setiap perasaan itu mengaturnya dengan sebuah konsol yang selalu menciptakan ingatan berbentuk bola Kristal.

Hingga suatu ketika, sang ayah harus pindah ke kota lain karena tuntutan pekerjaan, yang mana rumah baru yang Riley harapkan tidak sesuai dengan pikirannya, dan membuat emosi sedih menguasai dirinya.

Senang (Joy) yang ada dalam pikirannya berusaha untuk memperbaiki keadaan agar ingatan Riley yang sedih tersebut tidak sampai ke pusat namun usahanya tersebut malah membuat keadaan semakin kacau, yang mana semua memori Riley jatuh ke tempat sampah dan otomatis akan menghancurkannya.

Lalu apakah Joy berhasil mengembalikan keadaan menjadi lebih baik ?

8. Zootopia

GenreComedy, Animation, Adventure, Kids and Family
Rilis17 Februari 2016
SutradaraByron Howard, Rich Moore
Rating8/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 48 Menit
ProduksiWalt Disney Pictures

Sinopsis

Di sebuah negeri, hidup berdampingan hewan pemakan daging (karnivora) dan pemakan tumbuhan (herbivora), dimana hewan-hewan ini digambarkan menjalani kehidupannya seperti manusia.

Judy yang merupakan seekor kelinci mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang Polisi dan Ia pun pada akhirnya menggapai cita-citanya tersebut, namun Kepala Kepolisian bernama Bogo meremehkan Judy.

Untuk itu, Ia harus membuktikan kemampuannya dengan mengambil sebuah kasus tentang hilangya seekor berang-berang dengan taruhan jika tidak berhasil memecahkan kasus tersebut Judy harus mundur dari kepolisian. Lalu apakah Ia berhasil memecahkan kasus tersebut ?.

9. Treasure Planet

GenreSci-Fi, Animation, Adventure, Kids and Family
Rilis27 November 2002
SutradaraRon Clements, John Musker
Rating7,2/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 35 Menit
ProduksiWalt Disney Pictures

Sinopsis

Di planet Montressor hidup seorang bernama Jim yang sangat terpesona dengan kisah para bajak laut legendaris, singkat cerita pada 12 tahun kemudian Jim yang sudah tumbuh menjadi brandal yang suka menyendiri.

Ia juga tidak mau membantu Ibunya menjalankan Benbow Inn milik keluarganya, hingga pada suatu hari sebuah pesawat ruang angkasa jatuh di dekat sebuah penginapan.

Pilot kapal tersebut yang sekarat memberikan Jim sebuah bola dan memintanya untuk mewaspadai Cyborg, dimana setelah kejadian tersebut Jim mengalami petualangan yang penuh aksi dan hal-hal yang selama ini Ia idam-idamkan.

10. Wreck-it Ralph

GenreComedy, Animation, Adventure, Kids and Family
Rilis9 November 2012
SutradaraRich Moore
Rating7,7/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 41 Menit
ProduksiWalt Disney Animation

Sinopsis

Ralph adalah sesosok tokoh antagonis dalam sebuah permainan, hingga pada suatu ketika Ralph bosan menjadi tokoh jahat dalam game tersebut, dimana Ia selalu diperlakukan seperti seorang kriminal oleh para karakter dalam game itu.

Puncaknya ketika permainan tersebut merayakan ulang tahunnya yang ke-30, dimana Ralph tidak diundang namun Felix sang karakter baik dalam game mengundangnya ke pesta meski yang lain menolaknya.

Tokoh game yang lain akan menerima Ralph jika Ia membawa medali emas, pada akhirnya dengan nekat Raplh pergi ke permainan lain yang dimana pemenang dalam permainan tersebut akan mendapatkan medali emas. Lalu apakah Ralph berhasil mendapatkan medali tersebut ?.

11. Tangled

GenreAnimation, Musical, Fantasy, Adventure, Kids and Family, Comedy
Rilis26 November 2010
SutradaraNathan Greno, Byron Howard
Rating7,7/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 40 Menit
ProduksiWalt Disney Animation

Sinopsis

Suatu ketika sepercik sinar mentari yang jatuh ke bunga emas di bumi membuat bunga tersebut menjadi ajaib, dilain sisi seorang wanita tua bernama Mother Gothel menggunakan bunga tersebut untuk membuatnya agar tetap muda.

Yang membuat film ini menarik adalah, banyak artikel yang membahas film animasi garapan Disney ini sudah memprediksi corona, sebab sang gadis yang ada dalam cerita ini diisolasi di kerjaaan “Corona” (Kingdom of Corona).

12. The Lion King (2019)

GenreAnimation, Adventure, Kids and Family, Drama, Musical
Rilis17 Juli 2019
SutradaraJon Favreau
Rating6,9/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 58 Menit
ProduksiWalt Disney Pictures, Fairview Entertainment

Sinopsis

Anak singa bernama Simba terusir dari tanah kelahirannya karena, ayahnya telah dibunuh oleh pamannya sendiri demi sebuah takhta.

Tiba-tiba, Simba dalam mimpinya didatangi dalam mimpinya untuk meneruskan sang ayah menjadi raja hutan.

Namun pamannya yang sangat mengincar tahkta tersebut selalu berusaha menyingkirkan Simba dengan segala cara. Lalu apakah Simba berhasil merebut takhtanya kembali ?.

13. Moana

GenreAnimation, Musical, Adventure, Kids and Family, Comedy
Rilis25 November 2016
SutradaraRon Clements, John Musker
Rating7,6/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 47 Menit
ProduksiWalt Disney Animation Studios

Sinopsis

Moana seorang remaja berusia 16 tahun sangat memiliki ketertarikan terhadap lautan, Ia juga merupakan penerus kepala suku pulau Motonui.

Namun meski Ia tinggal di tepi laut, rakyat pulau tersebut sudah lama tidak mengarungi lautan jauh sebab mereka diberi jarak yang sudah ditentukan dan ditandai dengan sebuah karang.

Hingga pada suatu ketika, pulau yang didiaminya tersebut mengalami masalah dimana banyak tanaman yang mati dan hasil tangkapan ikan yang sedikit, Moana pun mengajukan agar para masyarakat dapat menangkap ikan melewati batas yang sudah ditentukan.

Namun Ayahnya tidak menyetuji hal tersebut, lalu apakah yang akan terjadi selanjutnya ?.

14. Monsters University

GenreAnimation, Fantasy, Adventure, Kids and Family, Comedy
Rilis21 Juni 2013
SutradaraDon Scanlon
Rating7,3/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 44 Menit
ProduksiPixar Animation Studios, Walt Disney Pictures

Sinopsis

Film ini adalah sekuel dari film Monster, Inc. yang bercerita tentang sebuah Universitas para monster dimana disanalah awal pertemuan Mike dan Sulley.

Meski pada film Monster, Inc. bersahabat namun nyatanya pada film ini mereka sangat bersaing hingga pada suatu waktu di sebuah acara tahunan keudanya bersatu dan semua hal berubah.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Film Perang Terbaik

15. Ratatouille

GenreAnimation, Comedy, Kids and Family
Rilis28 Juni 2007
SutradaraBrad Bird, Jan Pinkava
Rating8/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 51 Menit
ProduksiWalt Disney Pictures, Pixar Animation Studios

Sinopsis

Film ini menceritakan persabahatan antara manusia dan tikus. Remy sang tikus mempunyai cita-cita yang unik yakni menjadi seorang koki yang mana tentu hal tersebut tidak mungkin dilakukan.

Hingga suatu ketika, Remy menjalin pertemanan dengan seorang tukang sampah dapur restoran bernama Alfredo, dan darisanalah cita-cita Remy mulai mungkin diwujudkan.

Itulah beberapa rekomendasi Film Animasi Disney Terbaik yang patut ditonton apalagi di musim liburan seperti saat ini.