Magnet Pengertian, Jenis, dan Sifat-Sifat

Posbaru – Kata magnet berasal dari bahasa Yunani yakni magnitis lithos yang artinya batu magnesia. Magnet merupakan sebuah objek yang memiliki medan magnet.

Di jaman sekarang magnet adalah suatu materi yang memiliki medan magnet dan bisa berwujud magnet tetap atau tidak tetap.

Jenis-Jenis Magnet:

1.Magnet Alami

Magnet jenis ini terbuat dan terbentuk oleh alam tanpa ada campur tangan manusia sedikitpun, pada jaman dahulu magnet ini banyak ditemukan di daerah Magnesia yang sekarang adalah Turki, yang mana bentuknya berupa batuan.

2.Magnet Buatan

Magnet jenis ini sengaja dibuat oleh manusia seiring dengan meningkatnya kebutuhan magnet yang bentuknya kebanyakan seperti tapal kuda, jarum, batang, silinder dan lain sebagainya.

Dan biasanya magnet buatan berbahan dasar besi, baja dan logam lainnya, magnet buatan juga memiliki dua sifat magnet yakni magnet yang bersifat sementara dan magnet yang bersifat tetap, dimana Magnet yang bersifat sementara dapat menghilang daya kemagnetannya dengan mudah dan yang bersifat tetap daya kemagnetannya permanen.

Sifat Magnet:

1.Bisa Menarik Benda Tertentu

Benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah besi, baja, nikel, dan kobalt atau biasa disebut benda magnetik.

2.Memiliki Dua Kutub

Layaknya Bumi, magnet juga mempunyai dua kutub yang berlawanan yang biasa disebut kutub utara dan selatan. Kutub pada magnet sendiri terletak di bagian ujung magnet tersebut.

3.Kutub Berbeda Saling Menarik, Kutub Sama Saling Menolak

Pada magnet kutub yang berlawanan akan saling menarik dan kutub yang sama akan saling menolak, hal ini dapat kalian lakukan dirumah dengan mencoba mendekatkan kutub utara dan selatan pada magnet maka keduanya akan saling tarik menarik.

Dan jika kalian dekatkan kutub utara dengan kutub utara atau kutub selatan dengan kutub selatan maka keduanya akan saling menolak.

4.Gaya Magnet Menembus Penghalang

Magnet mempunyai gaya yang dapat saling tarik menarik walaupun terhalang oleh benda lainnya, namun gaya yang dihasilkan dapat berkurang tergantung dari ketebalan penghalang.

Namun kekuatan magnet juga penting sebab semakin besar kekuatan magnet maka akan semakin kuat magnet menarik meski terhalan oleh penghalang tebal.

Dan itulah pengertian, Jenis, dan sifat magnet semoga dapat membantu kalian memahami magnet.

Anda Mungkin Suka