Mengenal Hewan Cerpelai, Si Predator Kecil yang Berbahaya

Posbaru – Cerpelai merupakan hewan mamalia berukuran kecil dan merupakan predator aktif dengan tubuh yang panjang serta kaki pendek.

Panjang tubuh Cerpelai bermacam-macam dari 173mm-217mm dan biasanya betina akan mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan jantan, serta Cerpelai juga mempunyai lapisan tubuh atas berwarna coklat atau merah dengan perut berwarna putih.

Hewan ini biasanya sering memangsa mamalia kecil dan juga dikenal sebagai hama sebab beberapa spesies Cerpelai sering memangsa ayam dan kelinci di peternakan. Bahkan beberapa negara memusnahkan hewan ini karena dianggap dapat menularkan COVID-19.

Cerpelai dapat dengan mudah ditemukan di berbagai belahan dunia kecuali Antartika, Australia dan pulau sebelah timur Garis Wallace.

Mereka lebih suka tinggal dekat rawa-rawa, tepi sungai, hutan tepi pantai, dan padang rumput. Dan pada musim dingin bulu Cerpelai akan berubah menjadi putih.

Beberapa Jenis Cerpelai juga terancam punah seperti Cerpelai Jepang dan Kolumbia, bahkan Selandia baru juga akan memusnahkan hewan ini pada tahun 2020 karena dianggap membahayakan kehidupan liar endemik asli Selandia Baru seperti Burung Kiwi, Kakapo, Kadal Gecko dan lain sebagainya.

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment