Penjelasan Daur Hidup Capung Si Serangga Purba

Posbaru – Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang daur hidup capung salah satu serangga purba yang sudah hidup sejak 300 juta tahun lalu, berikut penjelasannya.

Daur Hidup Capung

1.Telur

Ketika capung betina dan jantan melakukan perkawinan maka proses pembentukan telur capung terjadi.

Dimana betina akan mengandung telurnya hingga siap untuk dikeluarkan. Ketika sudah dikeluarkan, betina akan mencari tempat yang aman, tepat, dan nyaman untuk menaruh telurnya tersebut.

Perlu kalian ketahui bahwa capung betina dapat menghasilkan sekitar 1.000 butir telur ketika melakukan proses perkawinan .

2.Nimfa

Setelah 1 sampai 2 minggu telur menetas menjadi nimfa dimana mereka akan hidup di air dan bernafas menggunakan insang internal. Meski demikian nimfa dapat hidup selama berjam-jam di daratan.

Pada periode ini mereka akan menjadi karnivora ganas yang suka memangsa berudu, anak ikan, bahkan sesamanya untuk bertahan hidup, dan pada proses ini mereka melakukan pergantian kulit sebanyak 9-12 kali sebelum menjadi Capung dewasa.

Baca Juga : Hutan : Pengertian, Definisi, Jenis, dan Manfaat

3.Capung Dewasa

Setelah pergantian kulit terakhir maka nimfa akan berubah menjadi capung lalu terbang dan keluar dari air, meski demikian sayap capung muda masih belum sempurna pada pertama kali perubahannya ini.

Hingga seiring berjalannya waktu mereka mulai berbentuk sempurna dan mengulang siklus hidupnya kembali dengan cara melakukan perkawinan.

Itulah daur hidup capung yang memiliki metamorfosis tidak sempurna, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian.