Peringkat Negara di Asia Tenggara Dengan Pendidikan Terbaik

Posbaru – Guru, fasilitas penunjang, dan kualitas pendidikan sangat menentukan perkembangan suatu Negara, sebab pendidikan adalah kunci dari sumber daya manusia yang baik dan berdaya saing.

Indonesia yang berada di Asia tenggara ternyata berada di bawah negara tetangga lainnya seperti Malaysia, berikut daftar Negara di Asia Tenggara dengan peringkat pendidikan tertinggi yang akan kita urut dari yang pertama.

1. Singapura

Negara tetangga Indonesia ini mempunyai pendidikan yang berkualitas bagus di Asia Tenggara dan juga menempati peringkat sembilan dalam Indeks Pendidikan UNESCO, bahkan pada tahun 2013 hanya 1,3% siswa yang gagal menuntaskan pendidikannya di negara ini.

2. Brunei Darussalam

Negara ini berhasil menempati posisi ke-30 di dunia dan ke-2 di Asia Tenggara sebagai negara dengan pendidikan terbaik, hal tersebut dikarenakan pemerintah Brunei menanggung semua biaya pendidikan termasuk makanan hingga transportasi.

3. Malaysia

Negara ini berada di urutan ke-62 di dunia dan ke-3 di Asia Tenggara. Malaysia memiliki tingkat literasi dewasa mencapai 94% dan mampu membukukan skor 0,671 dalam Indeks Pendidikan UNDP.

4. Thailand

Negara ini memiliki anggaran pendidikan tertinggi yaitu 7,6% dari Produk Domestik Bruto serta menempati peringkat ke-89 di dunia dan ke-4 di Asia Tenggara.

5. Indonesia

Indonesia menempati peringkat ke-108 di dunia, dan faktanya dilansir dari Okezone.com, kualitas pendidikan di Indonesia berada di bawah Palestina, Samoa, dan Mongolia, hal tersebut disebabkan hanya 44% penduduknya menuntaskan pendidikan menengah dan 11% siswa gagal menuntaskan pendidikan.