10 Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Posbaru – Renang adalah kegiatan olahraga yang melibatkan seluruh otot tubuh dan dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dan juga olahraga ini dapat dilakukan oleh semua kalangan usia dari yang muda hingga tua.

Berikut Manfaat Renang Bagi Tubuh :

1. Menambah Tinggi Badan

Bagi orang yang masih dalam masa pertumbuhan, berenang akan menambah tinggi badannya jika dilakukan dengan baik dan benar.

Hal tersebut disebabkan karena berenang bisa memicu pelepasan hormon pertumbuhan yang mendukung pertumbuhan tinggi badan, dan seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa ketika berenang tubuh hampir seluruh otot tubuh digunakan.

Terutama pada bagian otot kaki, lengan, tulang belakang, dan dada, yang mana hal ini juga dapat membantu menambah tinggi badan.

2. Menurunkan Berat Badan

Hal ini terjadi masih berkaitan dengan penggunaan seluruh otot tubuh ketika berenang, namun faktor lainnya yang menyebabkan berenang dapat menurunkan berat badan yakni karena saat berenang jantung dan paru-paru akan bekerja lebih berat untuk menyediakan oksigen.

Dimana hal tersebut membuat banyak kalori dibakar tubuh untuk menyediakan energi pada saat berenang.

Meski saat berenang, kita jarang merasakan lelah, namun fakta nya tubuh sangat banyak mengeluarkan energi ketika berenang dan karena tubuh berada di air sehingga kita tidak merasakan hal berat atau melelahkan saat berenang.

Yang mana hal tersebut terjadi karena air dapat menetralkan gravitasi dan membuat tubuh kurang berbobot sehingga mudah bergerak.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Renang dapat menurunkan risiko diabetes karena dapat membakar kalori, lemak, dan gula dalam tubuh.

Selain itu, bagi penderita diabetes olahraga renang adalah hal terbaik untuk mengontrol gula darah, sebab ketika berenang tubuh mempunyai kontrol yang baik untuk tingkat gula darah bahkan memungkinkan penderita tidak memerlukan insulin untuk mengontrol gula darah.

Melakukan olahraga renang sebanyak 3 kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing 30 menit dapat membakar hingga 900 kalori dalam tubuh.

4. Meredakan Radang Sendi

Berenang dapat mengurangi masalah pada tulang belakang dan memperkuat otot di sekitar tulang sehingga memperbaiki postur tubuh.

Bagi penderita radang sendi berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat baik untuk dilakukan apalagi jika menggunakan gaya bebas, sebab dapat membuat tulang belakang berputar dan bergerak untuk memperkuat posisi tulang leher dan lengan.

5. Membuat Tubuh Rileks

Berenang dapat membuat kalian menyegarkan tubuh dan pikiran, sebab ketenangan di dalam air sangat bagus bagi kesehatan mental dan melepaskan tegangan otot serta sendi sehingga tubuh akan lebih bugar.

6. Meningkatkan Sitem Pernapasan dan Kardiovaskuler

Menurut beberapa sumber, ketika rutin melakukan renang selama 12 minggu dapat meningkatkan konsumsi oksigen hingga 10% dan dapat meningkatkan jumlah darah yang dipompa setiap jantung berdenyut hingga 18% yang artinya jantung mengalami peningkatan kekuatan.

7. Meningkatkan Keseimbangan dan Kelenturan

Orang yang suka berenang biasanya mempunyai keseimbangan dan kelenturan tubuh yang lebih baik daripada orang yang tidak suka berenang.

Hal tersebut disebabkan karena, ketika berenang kita akan menggunakan hampir seluruh otot tubuh sehingga membuat kekuatan tubuh menjadi terbagi lebih seimbang dan hal ini dapat melatih keseimbangan dan kelenturan tubuh kita.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Renang dapat meningkatkan fungsi otak dan fokus kita, ini disebabkan karena  pada saat tubuh di air setinggi jantung, maka aliran darah ke otak akan meningkat atau lebih sederhananya mengaktifkan seluruh bagian otak.

Dan hal itulah yang membuatnya dapat meningkatkan fokus dan fungsi otak kita.

9. Mengurangi Risiko Asma

Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit asma dianjurkan untuk melakukan olahraga renang dengan rutin untuk melatih pernapasan agar paru-paru menjadi lebih sehat dan terhindar dari asma.

Baca Juga : Pengertian Renang, Sejarah, Gaya, Teknik dan Ukuran Kolam

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berenang apalagi pada sore hari akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Selain itu, orang yang kesulitan tidur pada malam hari akan merasakan tidur nyenyak setelah mereka berenang.

Hal tersebut disebabkan karena pada saat berenang, tubuh mengeluarkan hormon endorfin dan serotonin yang membuat kita lebih rileks dan senang.

Itulah 10 manfaat renang bagi tubuh manusia, sebenarnya masih banyak lagi manfaat lain dari renang bagi tubuh, dan kita akan membahasnya di kemudian hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian.