Apa Itu Nepotisme? Berikut Pembahasan Lengkapnya!

Posbaru – Apa itu Nepotisme?. Kenapa Kita Haru Paham Nepotisme?, Oke!. Dalam artikel ini saya akan memberikan sedikit pengertian Nepotisme yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

Pengertian Nepotisme

Secara umum, Nepotisme adalah suatu perbuatan yang lebih memilih saudara, teman, sahabat, atau orang yang berhubungan dengannya dibandingkan dengan kemampuannya.

Dengan kata lain, Nepotisme adalah kecenderungan untuk lebih mengutamakan atau menguntungkan sanak saudara maupun kenalan dan semacamnya dengan memberikan sebuah kedudukan di lingkungan apa pun seperti pekerjaan baik swasta maupun negeri.

Pengertian Menurut Para Ahli

Undang-Undang Republik Indonesia

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme Pasal 1 Angka 5, Nepotisme adalah setiap perbuatan Penyelenggara Negara secara melawan hukum yang menguntungkan kepentingan keluarga dan atau kroninya di atas kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

  • Perilaku yang memperlihatkan kesukaan yang berlebihan kepada kerabat dekat.
  • Kecenderungan untuk mengutamakan (menguntungkan) sanak saudara sendiri, terutama dalam jabatan, pangkat di lingkungan pemerintah.
  • Tindakan memilih kerabat atau sanak saudara sendiri untuk memegang pemerintahan.

Kamaruddin Hidayat

Merupakan manajemen kepegawaian yang menggambarkan pengangkatan, penempatan, penunjukan, dan kenaikan pangkat berdasarkan pertalian darah, keluarga atau kawan.

Baca Juga: Penjelasan, Teknik, dan Tujuan Propaganda

Ciri-Ciri Nepotisme

  1. Kurangnya atau tidak adanya kejujuran seseorang dalam menjalankan amanat yang diberikan.
  2. Mengabaikan kesempatan kepada seseorang yang mempunyai kompetensi dan lebih memilih orang yang dekat dengannya saja (keluarga maupun kawan).
  3. Semua keputusan dan pelaksanaan sebuah jabatan dilakukan otoriter.
  4. Terdapat kesenjangan dan ketidakadilan dalam pelaksanaan pekerjaan maupun pemberian fasilitas.

Contoh dan Jenis Nepotisme

Ikatan Kekeluargaan

Bentuk paling sederhana yang mudah dikenali, contohnya perusahaan yang merekrut pegawai dari anak pegawai terdahulunya atau mengangkat jabatan karena hubungan keluarga atau pertemanan.

Organizational Tribalism

Berdasarkan organisasi seperti organisasi partai politik, profesi dan lain semacamnya. Contohnya menempatkan orang sesama partai dalam posisi penting pemerintahan.

Institutional Tribalism

Tindakan

Pelaku berasal dari instansi sama di luar instansi saat ini, contohnya pimpinan yang pindah kerja dengan membawa pegawai lamanya dari tempat kerja lama.

College Tribalism

Berasal dari perguruan tinggi atau jurusan sama, contohnya perekrutan pegawai yang berasal dari perguruan tinggi yang sama dengan pimpinannya.

Ethnical Tribalism

Tindakan yang dilakukan berdasarkan suku atau etnis yang sama, contohnya pengangkatan jabatan berdasarkan suku yang sama dengan pimpinannya.

Bagaimana sudah paham tentang nepotisme?. Nah, untuk dampaknya sendiri sepertinya tidak perlu dibahas lagi karena memang perilaku ini sudah jelas buruk jadi dampak yang ditimbulkannya pun pastinya buruk juga.

Sumber: Wikipedia, hukum online, kbbi online