Apa Itu Software? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Posbaru, Pengertian Software – Secara umum, software (perangkat lunak) adalah kumpulan perintah yang akan diproses oleh komputer untuk menjalankan tugasnya.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa, software (perangkat lunak) adalah data yang di program, disimpan, maupun di format secara digital dengan fungsi tertentu. Perangkat lunak tidak mempunyai bentuk fisik yang bisa dirasakan.

Untuk membuat sebuah perangkat lunak diperlukan bahasa pemrograman yang ditulis oleh seorang programer.

Jadi, perangkat lunak adalah sebuah istilah yang digunakan untuk data yang di format dan disimpan secara digital seperti program komputer dan informasi yang dapat dibaca serta ditulis oleh komputer atau singkatnya adalah sistem komputer yang tidak mempunyai wujud.

Fungsi Software

Fungsi perangkat lunak sudah dijelaskan dalam pengertian yang dibahas sebelumnya, namun untuk lebih jelasnya terkait fungsi software kalian bisa simak beberapa penjelasannya berikut ini.

1. Sebagai dasar kebutuhan komputer agar bisa beroperasi.
2. Penghubung antar beberapa perangkat lunak lain dengan hardware.
3. Mengatur hardware (perangkat keras) agar bisa beroperasi sesuai kebutuhan user.
4. Mempunyai fungsi sebagai penerjemah perintah perangkat lunak lain.
5. Mengidentifikasi program dalam komputer.

Jenis Software

1. Sistem Operasi atau Operating System (OS)

Mempunyai fungsi mengelola perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer serta menjadi perantara aplikasi dengan perangkat keras. Contohnya adalah Windows, Macintosh, Linux, dan lain semacamnya.

2. Aplikasi (Program)

Sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menyelesaikan tugas tertentu atau mempermudah pekeraan manusia. Aplikasi terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya, adapun jenis-jenis aplikasi adalah sebagai berikut.

  • Pengolah Angka, berfungsi mengolah angka baik dalam bentuk tabel maupun grafik, contohnya adalah Microsoft Excel, Open Office Org, Lotus, dan lainnya.
  • Pengolah Kata, berfungsi mengolah kata menjadi sebuah dokumen atau tulisan, contohnya adalah Microsoft Word, Writter, Notepad, dan lainnya.
  • Pengolah Gambar atau Video, berfungsi mengolah gambar contohnya adalah, Adobe Photoshop, Corel Draw, dan lain semacamnya.
  • Pengolah Presentasi, digunakan untuk mempermudah manusia dalam membuat presentasi, contohnya adalah Power Point, Impress, Macromedia Flash dan lain sebagainya.
  • Selain beberapa jenis tadi masih banyak jenis aplikasi lainnya yang memudahkan pekerjaan manusia atau bahkan hanya sebagai hiburan seperti game.

3. Bahasa Pemrograman

Merupakan bahasa yang digunakan ketika membuat sebuah program, contohnya adalah Java, PHP, HTML, C++, dan lain sebagainya.