Bola Basket Pengertian, Teknik, Sejarah, Peraturan & Ukuran

Bola Basket Pengertian, Teknik, Sejarah, Peraturan & Ukuran

Posbaru – Bola Basket adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing tim beranggotakan 5 orang pemain. Masing-masing tim harus mencetak poin dengan cara memasukan bola basket kedalam ring lawan.

Sejarah Bola Basket

Permainan bola basket diciptakan oleh James Naismith sekitar tahun 1891. Menurut sejarah Ia menciptakan permainan tersebut agar muridnya dapat memainkan permainan didalam ruang tertutup selama musim dingin.

Pada jaman dahulu permainan bola basket peraturannya belum seperti sekarang, sebab James baru menciptakan beberapa aturan dasar seperti setiap tim terdiri dari sembilan orang dan tidak mempunyai teknik dribble dan mengoper dilakukan dengan cara melempar saja.

Hingga seiring berjalannya waktu, peraturan dalam permainan bola basket pun semakin sempurna dan menyebar ke-seluruh bagian Amerika hingga dunia.

Teknik Dasar Bola Basket

1.Teknik Memegang Bola

Memegang bola dengan benar dapat membuat bola tidak mudah lepas dan akan lebih baik dikontrol ketika bermain.

Cara memegang bola yang benar dalam permainan ini adalah kedua tangan diletakan disamping kanan dan kiri bola dengan jari-jari yang dibuka lebar (merenggang).

2.Teknik Mengoper/Melempar Bola (Passing)

Teknik ini adalah teknik yang paling sering digunakan dalam permainan bola basket, teknik ini berfungsi untuk mengoper bola ke sesama pemain tim.

Selain itu ada beberapa teknik mengoper yang harus kalian pahami dalam permainan bola basket, berikut beberapa teknik tersebut.

A.Chest Pass

Cara melakukan teknik ini, pertama bola dipegang dengan kedua tangan di depan dada, lalu dorong kedepan sambil melecutkan kedua pergelangan tangan ke depan (ke arah pemain satu tim).

B.Bounce Pass

Cara melakukan teknik ini hampir sama dengan teknik Chest Pass namun saat bola didorong arahkan bola ke depan bawah untuk dipantulkan dulu ke lantai. Yang perlu diingat ketika melakukan teknik ini adalah pastikan titik pantulan bola tidak terlalu jauh dari teman satu tim (Penerima Bola).

C.Over Head Pass

Teknik ini adalah cara mengoper bola dengan posisi tangan berada di kepala dan dalam permainan bola basket teknik ini sering dilakukan oleh pemain dengan tubuh yang tinggi.

Cara melakukannya pertama kedua tangan memegang bola diatas belakang kepala dengan kedua siku ditekuk, kemudian ayunkan bola kedepan (kearah penerima bola).

D.Base Ball Pass

Cara melakukan teknik ini pertama pegang bola menggunakan satu tangan dengan posisi tangan disamping badan, kemudian ayunkan bola kedepan (kearah penerima) sambil melangkahkan satu kaki yang berlawanan ke depan.

E.Hook Pass

Hook Pass atau operan kaitan sangat efektif bagi para pemain yang berpostur tubuh pendek.

Cara melakukannya pertama pegang bola menggunakan tangan kanan dengan kaki kiri sedikit maju dan posisikan badan membelakangi lawan, lalu ayunkan lengan yang memegang bola lurus dari samping badan keatas sisi kanan kepala.

3.Teknik Menangkap Bola

Pertama posisikan badan tegap menghadap pemain yang akan mengoper bola dengan kedua tangan rileks dan jari direnggangkan, kemudian ketika bola datang posisikan tangan kearah bola, dan ketika bola tertangkap ikuti gerakan bola ke belakang mendekati badan.

4.Teknik Dribling

Pertama pegang bola dengan kedua tangan sambil berdiri dengan kaki sedikit terbuka dan badan condong kedepan, kemudian pantulkan bola dengan salah satu tangan menggunakan jari dan dibantu pergelangan tangan.

Lalu saat memantulkan bola, tangan mengikuti gerakan bola dengan jari dan pergelangan tangan kemudian dorong kembali kebawah.

5.Teknik Menembak Bola (Shooting)

Teknik menembak bola pada permainan bola basket bertujuan untuk memasukan bola kedalam ring dan mencetak poin, teknik ini mempunyai bermacam-macam cara yakni.

A.Set Shoot

Pemain akan berdiri diam pada satu tempat dan menembakan bola kearah ring dengan satu ataupun dua tangan.

B.Jump Shoot

Pemain akan menembak bola dengan melompat dan lompatan pemain harus tinggi agar bola lebih mudah masuk kedalam ring (tepat sasaran).

C.Lay Up

Teknik ini merupakan gabungan dari tiga gerakan yakni lari, lompar, dan menembak bola. Yang mana pemain akan melangkah lebar sebanyak dua kali kearah ring lalu melompat sambil melambungkan bola kearah ring.

D.Free Throws

Teknik ini merupakan tembakan yang diberikan pada pemain yang dilanggar ketika pemain tersebut melakukan tembakan ke ring, dengan poin yang bervariasi sesuai dengan tempat kejadiannya.

Peraturan Permainan Bola Basket

1.Pemain

Setiap tim beranggotakan 5 orang pemain dan beberapa cadangan pemain dan menjadi tiga jenis pemain yakni pemain depan, tengah, belakang.

Pemain tengah mempunyai tugas untuk menyerang dan menghalangi tim lawan ketika menerobos pertahanan, lalu pemain tengah bertugas memberikan umpan serta menghalau serangan lawan.

Kemudian pemain belakang memiliki tugas melakukan pertahanan sembari mencoba memberika umpan.

2.Skor & Durasi Permainan Bola Basket

Durasi dalam permainan bola basket menurut Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) yakni empat babak yang setiap babaknya 10 menit dengan jeda waktu istirahat selama 10 menit (4×10).

Sementara untuk National Basketball Association (NBA) (4×12). Dan setiap tim harus mencetak poin sebanyak-banyaknya, sebab pemenang dalam permainan bola basket ditentukan dengan poin tertinggi.

3.Aturan Membawa Bola

  • Aturan 3 detik, Pemain hanya boleh berada dalam area lawan selama 3 detik
  • Aturan 8 detik, Pemain dapat mempertahankan bola di areanya sendiri selama 8 detik.
  • Aturan 24 detik, Pemain hanya boleh melakukan serangan selama 24 detik sebelum bola menyentuh ring.

4.Aturan Lainnya Permainan Bola Basket

  • Pemain dapat melemparkan bola dengan teknik apa saja kecuali memukul dan meninju
  • Pemain dilarang berlari sembari membawa bola dengan cara memegang
  • Pemain dilarang melakukan Dribble dua kali (double dribble)
  • Toleransi pelanggaran setiap pemain adalah 4 kali.

Ukuran Lapangan Bola Basket

  • Panjang: 28 m
  • Lebar: 15 m
  • Diameter Linkaran Tengah: 3,6 m
  • Jarak Garis 3 Poin: 6,75 m
  • Jarak Garis Busur Ring Basket: 1,25 m

Ukuran Ring Bola Basket

  • Tinggi: 3,05 m
  • Diameter Lubang: 45 cm
  • Jarak ke Endline: 1 m
  • Panjang Papan Pantul: 1,8×1,05 m
  • Ukuran Kotak Tengah Papan Pantul: 59×45 cm
  • Jarak Papan Pantul Ke Endline: 1,2 m

Itulah pengertian, sejarah, teknik dasar, peraturan, ukuran lapangan, dan ukuran ring dalam permainan bola basket, semoga artikel ini dapat membuat kalian lebih memahami permainan bola basket.

Anda Mungkin Suka