Lengkap! Pengertian Kewirausahaan dan Ciri-Cirinya

Posbaru Secara umum, pengertian kewirausahaan adalah proses mengerjakan serta menciptakan sesuatu yang baru dengan tujuan bermanfaat bagi orang lain dan mempunyai nilai lebih.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Wirausaha di artikan sebagai wiraswasta yang mempunyai makna orang pandai atau berbakat dalam mengenali produk baru, menentukan produksi baru, menyusun pengadaan produk, memasarkan, dan mengatur pemodalan operasinya.

Jika disimpulkan maka, pengertian kewirausahaan adalah usaha mandiri mengerahkan sumber daya dan upaya. Termasuk kelihaian (kepandaian) mengenali produk baru serta memasarkannya agar mendapat suatu yang bernilai lebih tinggi.

Pengertian kewirausahaan Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum tadi, ada juga beberapa pendapat ahli tentang kewirausahaan. Berikut diantaranya:

Geoffrey G. Meredith

kewirausahaan adalah orang yang mempunyai kemampuan menilai dan melihat sebuah kesempatan bisnis. Kemudian orang tersebut dapat mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan dan kesuksesan melalui tindakan yang tepat.

Mas’us Machfoedz dan Mahmud Machfoedz

kewirausahaan merupakan seorang inovator yang dapat mengubah kesempatan menjadi ide yang laku dijual. Serta bisa memberikan nilai tambah pada ide tersebut melalui waktu, upaya, kecakapan, dan biaya dengan tujuan menghasilkan keuntungan.

Norman M.Scarborough dan Thomas W.Zimmerer

Adalah proses menciptakan sesuatu yang berbeda dengan mengabdikan seluruh waktu dan tenaga serta menanggung risiko keuangan, kejiwaan, sosial, dan menerima balas jasa dalam bentuk uang serta kepuasan pribadi.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli!

Richard Cantillon

Menurut Richard Cantillon, kewirausahaan sebagai pekerjaan itu sendiri (wirausaha),  adalah seorang pengusaha yang membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya di masa yang akan datang dengan harga tidak menentu.

Hisrich, Peters, dan Sheperd

Merupakan proses penciptaan sesuatu yang baru pada nilai menggunakan waktu dan upaya yang diperlukan, menanggung risiko keuangan, fisik, mental, serta menerima imbalan moneter yang dihasilkan, kepuasan dan kebebasan pribadi.

Ciri-Ciri Kewirausahaan

  1. Mempunyai keberanian dan daya kreasi tinggi.
  2. Semangat tinggi dan kemauan keras.
  3. Kemampuan analisis yang baik.
  4. Berani membuat keputusan dan bertanggung jawab.
  5. Tidak boros.
  6. Pengabdian besar pada bisnisnya.

Itulah sedikit penjelasan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian, pengertian menurut para ahli, hingga ciri-cirinya. Semoga bermanfaat!.