Tips Meningkatkan Jumlah Penonton dan Pelanggan YouTube

Posbaru – Dalam artikel ini saya akan membahas tentang tips mudah untuk meningkatkan penonton dan pelanggan saluran YouTube kalian. Cara atau tips ini sangat mudah untuk dilakukan oleh semua orang.

Tetapi jika kalian masih ragu atau melakukannya tidak konsisten, maka akan sulit untuk meraihnya. Karena rahasia umum untuk menjadi sukses adalah tidak ragu dan bekerja keras.

Adapun cara untuk meningkatkan penonton dan pelanggan saluran YouTube adalah sebagai berikut:

Sebarkan Konten dan Waktu Posting

Setelah memposting video kalian, maka selanjutnya adalah membagikannya ke berbagai media sosial yang kalian miliki. Seperti facebook, instagram, pinterest, tiktok dan lain sebagainya.

Tetapi menyebarkan konten tidak bisa dilakukan sembarangan, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah waktu, sebab tidak mungkin kalian mendapatkan banyak interaksi jika menyebarkannya pada hari Senin jam 12 malam bukan?.

Oleh karena itu kalian harus memilih jam dan hari yang tepat untuk menyebarkannya. Namun jika kalian akan memposting video setiap hari maka hanya Jam tepat yang harus kalian pilih.

Selain itu, postingan video di YouTube harus sama waktunya dengan waktu kalian menyebarkannya. Contoh jika kalian memposting video jam 4 sore maka sebarkan melalui media sosial di saat itu juga, tapi jika kalian hanya membuat konten seminggu sekali maka dapat menyebarkannya setiap hari. Contohnya jika kalian memposting video di hari senin jam 4 maka kalian dapat menyebarkannya saat itu juga, dan hari-hari berikutnya hingga kalian memposting video baru.

*Waku Terbaik Posting Video (4 Sore)

*Hari Terbaik Posting Video (Selasa, Jumat, Sabtu)

Kemudian hal yang harus diperhatikan lainnya adalah tujuan sebaran. Contohnya jika kalian akan menyebarkannya di facebook, jika kalian memposting video memasak maka kalian harus menyebarkannya ke grup-grup masak bukan?.

Karena tidak mungkin konten memasak disebarkan ke grup-grup gaming atau lainnya. Maka dari itu sebelum menyebarkannya, kalian harus masuk ke group tertentu di facebook yang sesuai dengan jenis konten kalian.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah “penggunaan hashtag yang tepat” serta membuat hashtag saluran YouTube.

Contohnya jika saluran YouTube kalian bernama Cinema66 maka setiap menyebarkan postingan gunakanlah “#Cinema66” ditambah dengan hashtag lain yang sesuai dengan isi konten seperti #Resep #CaraMembuatDonat dan lainnya.

Media Sosial

Jika saluran YouTube kalian atas nama pribadi maka kalian dapat lanjut ke tips berikutnya, tetapi jika saluran kalian adalah brand baru maka poin ini harus diperhatikan!.

Maskudnya disini adalah, jika nama kalian “Rizki” dan membuat saluran YouTube bernama “Rizki” maka itu bisa dikatakan atas nama pribadi. Namun Jika nama kalian “Rizki” dan saluran YouTube kalian bernama “Cinema66” maka itu bisa dikatakan brand baru.

Untuk saluran YouTube brand baru maka otomatis kalian harus menyiapkan akun media sosial seperti Fanspage Facebook, Instagram, hingga twitter dengan nama itu.

Karena jika menggunakan media sosial pribadi, akan cenderung lebih acak dan tercampur dengan postingan pribadi kalian. Sehingga nantinya kalian akan sulit untuk mengoptimasinya, dan pelanggan di YouTube pun akan sulit mencari media sosial kalian begitu juga sebaliknya. oleh sebab itu nama saluran YouTube dan akun media sosial haruslah sama.

Selain itu, akun media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter yang digunakan haruslah bertipe bisnis atau jika di Facebook adalah “Halaman”.

Halaman (Fanspage) baik di Facebook, Instagram dan lainnya mempunyai fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan tipe pribadi. Fitur-fitur tersebut dapat kalian gunakan untuk mengoptimasi jumlah penonton dan pelanggan saluran YouTube kalian.

Selain itu, jika nantinya followers dan pelanggan YouTube sudah banyak. Media sosial tadi dapat digunakan untuk menjual berbagai macam merchandise kalian, untung bukan?.

Dengarkan Penonton

Banyak YouTuber pemula yang tidak memerhatikan poin ini, atau mungkin tidak terbesit dipikirannya sama sekali. Padahal mendengar penonton adalah hal yang baik dan harus dilakukan demi perkembangan saluran YouTube.

Mendengarkan penonton bukan hanya dari komentar saja melainkan dari statistik jumlah tayangan video dan lainnya, yang bisa kalian lihat di menu “YouTube Analytics”.

Contohnya di hari pertama kalian memposting video bermain “Minecraft” lalu mendapatkan banyak tontonan. Maka di hari selanjutnya kalian harus memposting video bermain “Minecraft” lagi.

Lalu bagaimana jika kalian sudah bosan dengan game tersebut?. Jangan khawatir misalnya dalam seminggu kalian setiap hari memposting video minecraft gunakanlah salah satu hari untuk memposting video berbeda. Kemudian lihat bagaimana interaksi penonton dan jumlah tayangannya.

Apabila masih lebih kecil dari video minecraft maka cari lagi game lain dan terus ulangi hal tadi hingga mendapatkan penonton yang lebih besar atau setara. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan fitur komunitas untuk menanyakan kepada pelanggan YouTube kalian, tentang game apa yang sekiranya mereka sukai.

Tapi yang harus diingat adalah, ketika kalian sudah mendapatkan game baru dengan jumlah penonton setara. Jangan berhenti bermain minecraft, namun kalian hanya perlu menguranginya saja. misalkan yang tadinya 7 kali dalam seminggu menjadi 5 hari 3 hari atau 2.

Kemudian selain itu, komentar pelanggan kalian harus dilihat bahkan dibalas atau disukai. Karena jika tidak, mereka akan menganggap kalian sombong, namun jika dibalas atau setidaknya disukai maka mereka akan merasa dekat dan menjadi pelanggan setia saluran YouTube kalian.

Kalian juga harus mengucapkan terimakasih dan mengajak penonton untuk memberikan like serta komentar di setiap video yang diposting.

Baca Juga: 5 Ide Konten Langka Untuk YouTube

Thumbnail dan Judul

Poin ini sangat penting, karena jika video kalian bagus tetapi thumbnail dan judulnya jelek maka tidak ada yang tertarik untuk mengkliknya (menontonnya).

Tetapi jangan gunakan judul dan thumbnail yang menipu banyak orang, karena anda bukan penipu betul?.

Cara membuat Thumbnail Menarik:

  • Lihat gambar mini dari video paling populer di niche Anda
  • Pikirkan tentang mengubah sesuatu yang berbeda dan unik
  • Jangan pernah menggunakan gambar mini default YouTube
  • Tambahkan teks atau angka yang menarik perhatian
  • Ukuran thumbnail Anda dengan sempurna

Atau kalian bisa menggunakan aplikasi Canva atau mengunjungi websitenya, untuk membuat thumbnail YouTube menarik secara gratis. Di Canva kalian akan diberikan banyak pilihan yang pas sesuai jenis konten kalian.

Perlu diingat, baik judul maupun thumbnail harus berisi tulisan tentang pokok isi video. Misalnya video memasak kari ayam, maka judul dan thumbnailnya berisi tulisan “Cara Membuat Kari Ayam” atau Resep Kari Ayam”. Jika sudah maka selanjutnya dapat ditambahkan kata menarik seperti “Cara Membuat Kari Ayam Sederhana”, Resep Kari Ayam Murah Meriah”, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara atau tips untuk meningkatkan penonton dan pelanggan YouTube kalian, selain cara tadi masih banyak cara lainnya seperti penggunaan tags, hashtag, dan lainnya. Tetapi cara yang saya jelaskan tadi banyak tidak dilakukan oleh beberapa YouTuber Pemula.